cara membuat keripik pisang raja nangka

cara membuat keripik pisang raja nangka

Posted on

Mau bikin camilan yang lezat dan bikin ketagiham? yuk cobain resep yang satu ini cara membuat keripik pisang raja nangka.

Pisang raja adalah buah yang di gemari oleh masyarakat Indonesia. Setiap orang tentu pernah memakan buah yang berwarna kuning ini. buah yang paling banyak di gemari.

Sedang mencari ide resep kripik pisang raja nangka yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kripik pisang raja nangka yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kripik pisang raja nangka, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan kripik pisang raja nangka yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat kripik pisang raja nangka yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Kripik Pisang Raja Nangka memakai 6 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Resep Cara Membuat Keripik Pisang Raja Nangka

cara membuat keripik pisang raja nangka

Bahan-Bahan:

  • Siapkan 2 sisir pisang raja nangka tua tapi masih hijau dan keras.
  • Siapkan Secukupnya minyak goreng.
  • Gunakan Larutan rasa pemanis :.
  • Ambil 4 sdm munjung gula pasir.
  • Sediakan 1 sdt garam halus.
  • Siapkan 200 ml air hangat.

Cara Membuat Keripik Pisang Raja Nangka:

  1. Kupas pisang mentah sampai bersih lalu langsung rendam dalam air biasa, supaya pisang tidak menghitam, bilas 1 x lagi, sisihkan. Jangan lupa pake sarung tangan plastik saat mengupas supaya tidak terkena getah pisang yg bikin lengket. Untuk larutan pemanis ,campur jadi 1 dan aduk rata hingga gula larut..
  2. Panaskan minyak goreng dengan api sedang,serut atau iris pisang tipis”dan langsung masukkan kedalam minyak supaya tidak menempel satu sama lainnya, jangan terlalu banyak, disesuaikan saja dgn jumlah minyaknya.
  3. Bila sudah setengah kering masukkan 2 sdm larutan gula kedalam penggorengan, aduk-aduk sesekali sampai pisang kering dan minyak tdk berbunyi. Ketika larutan gula dimasukkan, minyak akan meletup letup sementara, biarkan saja. Nanti rasa manis otomatis akan merata pada kripiknya..
  4. Bila sudah kuning dan kering segera angkat, diamkan sampai dingin, kripik siap disajikan, taruh dalam toples atau kemas dalam plastik..

Berikutnya ada manfaat yang terdapat pada keripik pisang raja nangka

Manfaat Keripik Pisang Raja Nangka

1. Mencegah Sakit Asma

Asma termasuk penyakit kronis pada saluran pernapasan. Nah, kandungan keripik pisang efektif untuk menangani penyakit asma. Yuk mulai makanan sehat ini untuk mencegah terjadinya asma.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Otak juga dapat dijaga kesehatannya dengan mengonsumsi keripik pisang. Kandungan yang ada di dalam keripik ini bisa melindungi otak dari penyakit. hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh serat yang mencegah kolesterol meningkat.

3. Mencegah Kanker

Pisang mampu menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, rasa pisang tersebut melindungi kamu dari berbagai serangan penyakit. Tak tanggung-tanggung, penyakit kanker pun bisa dicegah dengan mengonsumsi keripik pisang.

4. Mencegah Sembelit

Sembelit bisa dicegah dengan mengonsumsi olahan pisang secara rutin. Kandungan serat yang tinggi membuat sistem pencernaan tetap terjaga. Tak hanya mencegah sembelit, pisang pun juga efektif untuk mengobati diare.

5. Mencegah Anemia

Penderita anemia disarankan untuk memakan pisang ataupun olahannya karena efektif menambah darah. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi pada pisang sangat tinggi. Pisang juga membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan sehat.

Bagaimana? Faham kan? Itu saja pembahasan cara membuat keripik pisang raja nangka, terima kasih

Baca juga:cara membuat keripik nangka tanpa kapur sirih