Hiasan yang terbuat dari sabut kelapa yang sederhana

Posted on

Bingung cara membuat hiasan yang terbuat dari sabut kelapa yang sederhana?Tenang, kali ini saya akan memberikan resep untuk cara membuat hiasan dari sabut kelapa.  Nah, saya kali ini akan memberikan tutorial cara membuatnya yang bisa di praktekkan di rumah yukk,,,simak

 

Hiasan yang Terbuat dari Sabut Kelapa yang sederhana dan Fungsional Banget nih!

Adik-adik pasti tahu kan batok dan sabut kelapa adalah limbah dari buah kelapa. Namun di tangan orang-orang dengan kreativitas tinggi dapat dijadikan sebagai barang estetis dan fungsional yang dapat menjadi area bisnis.

Apakah Anda penasaran? Yuk intip 5 kerajinan batok dan kelapa yang estetis dan fungsional.

 

Hiasan yang Terbuat dari Sabut Kelapa yaitu;

Tali rami

Kerajinan pertama yang terbuat dari kelapa-kelapa adalah tali rami. Kerajinan kelapa kelapa ini juga menjadi salah satu kerajinan tangan yang paling banyak dicari karena sedang trend.

Tali rami bisa kamu pakai untuk mengikat kado, tempat gantung foto, aksesoris, proyek DIY dan bahan kreatif lainnya, mbak.

Alas kaki

Tikar serat kelapa datang dalam berbagai desain dan ukuran. Padahal, semakin besar matras, semakin tinggi tingkat kesulitannya dan tentunya semakin mahal pula harganya.

Untuk memberikan kesan estetis, beberapa hotel dan restoran juga menggunakan tikar kelapa sebagai pengganti tikar karet. Sabut kelapa juga dinilai lebih awet dan tahan lama.

Sapu

Kebanyakan orang mungkin masih menggunakan sapu kelapa karena mereka berpendapat bahwa kotoran lebih mudah dibersihkan, lebih murah, lebih tahan lama, dan lebih ramah lingkungan.

Alasannya karena kebanyakan sapu modern terbuat dari plastik sintetis, yang tidak tahan lama. Sapu plastik tidak hanya lebih mahal, tetapi juga tidak ramah lingkungan.

Pot tanaman

Banyak masyarakat di Kabupaten Banyuwangi yang memanfaatkan limbah tempurung kelapa sebagai pot bunga cantik dengan hiasan dinding warna warni.

Jika tidak dihias dengan mural, pot dengan warna dan bahan yang menyatu dengan alam dapat membuatnya terlihat lebih bagus, lebih bagus dan lebih alami.

dekorasi

Anda suka mendekorasi rumah dengan motif rustic dan vintage? Kayaknya harus punya kerajinan batok kelapa nih sob. Selain kesan estetis, dekorasi juga bisa ditambah dengan dekorasi lainnya. Misalnya bunga kering, ditambah inisial namanya atau bisa berbentuk seperti topeng.

 

Membuat hiasan yang terbuat dari sabut kelapa

Bagi sebagian orang, sabut kelapa dianggap kurang berharga atau bahkan disebut sebagai sampah.

Cincin hias terbuat dari kelapa-kelapa

hiasan yang terbuat dari sabut kelapa

Dekorasi cincin sering digunakan untuk apa saja mulai dari dekorasi rumah hingga pernikahan bertema vintage. Cincin dekoratif tidak hanya dapat memberikan kesan indah pada rumah, tetapi juga dapat dipadukan dengan dekorasi lainnya. Misalnya, Anda bisa menambahkan hiasan bunga. Harga cincin dekoratif fiber glass ini tidak terlalu mahal dan relatif murah.

Vas bunga kelapa kelapa

Alat dan bahan:

  • kelapa
  • Wadah plastik
  • Mantan Kanebo
  • pisau kecil
  • tali
  • Benang wol
  • bunga
  • gunting

Cara membuat vas bunga dari sabut kelapa :

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang akan dibutuhkan untuk membuat kerajinan ini di meja kerja.
  2. Masukkan batok kelapa ke dalam wadah.
  3. Gunting kelapa-kelapa untuk membersihkannya.
  4. Potong kulit chamois bekas, sesuaikan bentuk dan ukurannya dengan wadah.
  5. Bungkus talinya nanti sebagai alat gantung.
  6. Agar sabut kelapa tidak mati, kami menjahitnya atau membungkusnya dengan benang wol.
  7. Pertama, masukkan chamois ke dalam wadah, lalu ambil bunga yang ingin Anda tempatkan.
  8. Rapi dan siap digantung.

 

Dari semua hiasan yang terbuat dari sumbut kelapa di atas dapat kita lihat betapa pentingya literasi bagi anak muda di Indonesia dan saya juga jualan cocomesh. Pramoedya Ananta Toer pernah berkata bahwa “orang boleh setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah