cara menghilangkan noda tinta di jok mobil

6 Pilihan Cara Menghilangkan Noda Tinta di Jok Mobil

Posted on

Jok mobil bisa saja terkena noda tinta jika digunakan untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan di dalam mobil. Untuk menghilangkan noda tinta bisa menggunakan berbagai barang atau benda yang ada di rumah. Beberapa cara menghilangkan noda tinta di jok mobil adalah sebagai berikut ini.

Menggunakan Pasta Gigi

Tidak hanya membersihkan noda di gigi, noda tinta pada jok mobil bisa dihilangkan dengan pasta gigi. Caranya adalah dengan mengoleskan secukupnya pasta gigi pada noda tinta dan tunggu hingga mengering. Kemudian usap dengan kain yang lembab.

baca juga: jasa cuci jok mobil Jakarta Selatan

cara menghilangkan noda tinta di jok mobil

Menggunakan Alkohol

Cara menghilangkan noda tinta di jok mobil yang lainnya adalah dengan menggunakan alkohol berkadar 70 persen atau di atasnya. Tuangkan alkohol pada kain bersih dan tempelkan pada noda tinta kemudian tunggu hingga tinta meresap pada kain. Angkat kain tanpa menggosoknya agar tinta tidak menyebar ke bagian lain.

Menggunakan Cuka

Cuka yang bersifat asam mampu membersihkan tinta pada jok mobil dengan mudah, murah, dan ramah untuk lingkungan. Caranya, campurkan 2 bagian cuka dan 1 bagian cairan pencuci piring kemudian oleskan ke noda tinta dengan kain bersih. Gosok perlahan, diamkan selama 10 menit, gosok kembali dengan lap basah, dan keringkan.

baca juga: cuci karpet Jakarta Selatan

Menggunakan Hairspray

Menggunakan hairspray bisa menjadi cara menghilangkan noda tinta pulpen di jok mobil yang baik dan mudah. Caranya hanya dengan menyemprotkan hairspray pada bagian yang terdapat noda tinta dan gosok perlahan menggunakan kain kering dan bersih. Ulangi tahap tersebut bila noda belum hilang dengan baik.

Menggunakan Aseton

Aseton yang terdapat pada cairan pembersih kuku serta parfum yang mengandung alkohol bisa menjadi bahan untuk membersihkan tinta. Tuangkan aseton secukupnya pada kapas dan gosok untuk menghilangkan tinta. Jika tinta sudah hilang, usap menggunakan kain kering yang bersih agar alkohol tidak merusak jok mobil.

Menggunakan Kain Vinyl

Kain berbahan vinyl bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan noda tinta di jok mobil. Namun, jika tidak ada bisa menggunakan kain atau tisu yang bersih. Tempelkan kain pada bagian tinta dan tekan-tekan agar meresap kemudian angkat tanpa menggesekkan ke bagian lain agar tinta tidak menyebar.

Cara menghilangkan noda tinta di jok mobil di atas merupakan cara yang praktis dan tentu saja hemat. Ada juga pembersih khusus yang bisa digunakan jika noda tidak kunjung hilang.