Keterampilan dari Sabut Kelapa sebagai Peluang Bisnis

Keterampilan dari Sabut Kelapa sebagai Peluang Bisnis

Posted on
Produk keterampilan dari sabut kelapa bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan, pasalnya bahan baku sabut kelapa sangat mudah untuk didapatkan di negara kita.
Tak hanya digunakan sebagai kayu bakar, sabut kelapa juga dapat dijadikan sebagai produk kerajinan yang memiliki nilai jual. Yuk kita simak apa saja produk keterampilan dari sabut kelapa berikut ini!

Keterampilan dari Sabut Kelapa

1. Tali Rami dari Sabut Kelapa

Tali Rami | Keterampilan dari Sabut Kelapa

Kerajinan dari sabut kelapa ini menjadi produk yang paling banyak dicari. Pasalnya kerajinan vintage ini memiliki keindahan tersendiri di mata peminatnya terutama karena memberikan kesan yang natural.

Tali rami biasanya digunakan sebagai tempat menggantung foto, pengikat kado, aksesoris, tali souvenir, tali paper bag, kerajinan DIY dan beberapa produk kerajinan lainnya.

2. Keset Sabut Kelapa

Keset Kaki dari Sabut Kelapa

Sabut kelapa juga dapat disulap menjadi produk keset. Keset sabut kelapa memiliki berbagai model dan ukuran. Semakin besar ukuan, maka semakin tinggi pula tingkat kesulitannya dan tentunya memiliki nilai jual yang semakin mahal.

Beberapa hotel dan restoran bahkan menggunakan keset berbahan sabut kelapa dibandingkan dengan menggunakan keset berbahan karet untuk memberikan kesan yang lebih estetis. Tak hanya itu, keset sabut kelapa juga dikenal karena lebih awet dan tahan lama.

3. Sapu Sabut Kelapa

Sapu Sabut Kelapa

Meskipun memiliki kesan yang biasa saja dan termasuk barang jadul, namun sapu sabut kelapa juga memiliki banyak fungsi. Jenis sapu yang terbuat dari bahan sabut kelapa ini memang keberadaanya sudah tergeser oleh sapu modern berbahan plastik sintetis.

Namun, bagi sebagian orang,menggunkan sapu sabut kelapa dinilai bisa lebih bersih. Selain itu juga lebih murah, dan lebih lahan lama. Dibandingkan dengan sapu modern yang terbuat dari bahan plastik sintetis, tentu sapu sabut kelapa ini lebih ramah lingkungan.

Sapu sabut kelapa biasanya hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp5.000 hingga Rp15.000. Terlebih jika Anda membelinya langsung di pengrajinya, mungkin Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Pot Tanaman

Pot Tanaman Anggrek

Bagi Anda yang menyukai tanaman dan gemar bercocok tanam, maka Anda wajib memiliki jenis kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa ini. Siapa sangka? sabut kelapa juga bisa dibuat menjadi pot tanaman.

Selain itu, sabut kelapa juga bisa digunakan sebagai media tanaman loh. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan tanah lagi dan hanya cukup menggunakan cocofiber atau sabut kelapa. Jenis tanaman yang biasa ditanam dalam pot sabut kelapa ini yaitu tanaman anggrek. Pot sabut kelapa terlihat menyatu dengan alam dan membuatnya menjadi lebih estetik dan alami.

5. Ring Dekorasi

Ring Dekorasi

Sabut kelapa dapat digunakan sebagai ring dekorasi juga loh. Produk kerajinan sabut kelapa ini bisa digunakan untuk mendekorasi rumah, acara pernikahan, dan acara ulang tahun yang dapat memberikan kesan alami dan vintage.

Untuk menambahkan kesan estetik pada ring dekorasi ini, biasanya ditambahkan dengan dekorasi lain seperti bunga kering, inisial nama, lampu, dan bahan kerajinan lainnya.

Tak hanya digunakan sebagai dekorasi pada dinding, ring dekorasi juga dapat dimanfaatkan sebagai wadah seserahan pernikahan, pajangan depan pintu, dan dekorasi lainnya. Harganya pun terbilang cukup terjangkau dibanding dengan dekorasi yang terbuat dari bahan akar rotan.

Biasanya ring dekorasi berbahan sabut kelapa ini dibanderol dengan harga mulai dari dari Rp9.000 hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dengan tingkat kesulitannya masing-masing.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis dengan memanfaatkan sabut kelapa? disamping bahannya yang mudah didapatkan, produk kerajinan sabut kelapa ini juga memiliki banyak peminat loh.

Dapatkan workshop tentang cara produksi cocomesh atau jaring sabut kelapa hanya di Rumah Sabut. Cocomesh atau jaring sabut kelapa merupakan salah satu kerajinan sabut kelapa yang memiliki manfaat untuk mencegah erosi, penguatan tanah, penguatan tebing, dan masih banyak lagi.