Cara Merawat Tanaman Cabai

Cara Merawat Tanaman Cabai yang Benar

Posted on

Tanaman cabai adalah salah satu tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. Meskipun begitu, tanaman cabai juga perlu mendapatkan perawatan, agar bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang lebat. Jadi, bagaimana cara merawat tanaman cabai yang benar? simak penjelasannya berikut!

Cara Merawat Tanaman Cabai yang Benar

Baca Juga : Cara Memilih Benih Cabe Rawit yang Baik untuk Ditanam

1. Penyiraman

Tanaman cabai harus disiram secara teratur dengan air yang cukup. Proses penyiraman ini dilakukan satu kali sehari pada pagi atau sore hari. Volume air yang disiram dapat disesuaikan dengan kondisi cuaca saat ini.

Pada musim kemarau, jumlah volume air yang disiram harus lebih banyak dibandingkan biasanya. Selain itu penyiraman tanaman cabai juga bisa dilakukan dua kali dalam sehari.

Sedangkan saat musim hujan, Anda bisa mengurangi volume air yang disiram, atau bahkan tidak perlu melakukan penyiraman. Namun, pastikan media tanam tanaman cabai tetap lembab dan tidak tergenang air.

Anda juga bisa memanfaatkan air cucian beras untuk menyiram tanaman cabai. Konon hal ini akan membuat tanaman cabai menjadi lebih subur serta berbuah lebat.

2. Pemupukan

Pupuk memiliki peran penting untuk menjaga dan merawat tanaman cabai agar bisa tumbuh dengan baik. Anda bisa memberikan pupuk lanjutan setelah dua minggu setelah cabai ditanam.

Agar hasil panen bisa lebih maksimal, pemberikan pupuk harus dilakukan secara rutin, yaitu sekitar satu hingga dua minggu sekali. Anda bisa menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang ataupun pupuk kompos.

Jika Anda membudidayakan cabai langsung di lahan tanah, maka Anda dapat memasukkan pupuk ke dalam lubang tanam lalu ditutup dengan tanah yang ada di sekitarnya. Hal ini bertujuan agar tanaman cabai bisa menyerap nutrisi yang ada pada pupuk tersebut dengan mudah.

Namun, jika Anda membudidayakan tanaman cabai di dalam pot atau polybag, maka Anda hanya perlu menambahkan pada lapisan permukaan tanah pada saat pemupukan. Sehingga nutrisi dan zat unsur hara yang terkandung dalam pupuk bisa tetap terjaga dan terserap dengan baik oleh tanaman cabai.

Selain itu Anda juga dapat menambahkan vitamin khusus agar tanaman cabai bisa berbuah lebat.

3. Cara Merawat Tanaman Cabai dengan Melakukan Penyiangan

Cara merawat tanaman cabai yang selanjutnya yaitu melakukan penyiangan. Penyiangan adalah proses pembersihan gulma atau tanaman pengganggu yang tumbuh disekitar tanaman cabai.

Proses ini bertujuan agar tanaman cabai bisa tumbuh dan berkembang dengan baik serta menghasilkan buah yang lebat. Keberadaan gulma ini justru akan menghambat pertumbuhan tanaman cabai. Pasalnya, gulma yang tumbuh di sekitar tanaman cabai ini justru dapat menyerap nutrisi dan zat unsur hara yang dibutuhkan tanaman cabai.

Penyiangan atau pembersihan gulma ini juga dapat menghindarkan tanaman cabai dari infeksi hama maupun penyakit. Langkah ini bisa Anda lakukan dengan mencabuti gulma satu per satu hingga ke akarnya, agar tidak bisa tumbuh kembali.

Tak hanya gulma, bersihkan juga dedaunan kering, sampah dan kotoran lainnya yang ada di sekitar tanaman cabai. Proses penyiangan ini bisa Anda lakukan setiap 3 hari sekali.

4. Pemangkasan

Anda juga perlu melakukan pemangkasan tunas yang tumbuh di ketiak daun atau diantara tangkai daun dan batang. Dalam proses ini, Anda membutuhkan alat seperti gunting tanaman.  Pangkas tunas secara hari-hati, jangan sampai merusak bagian tanaman cabai lainnya.

Pemangkasan daun ini dilakukan satu bulan sekali hingga tanaman cabai membentuk cabang utama atau bunga. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman cabai untuk tumbuh tinggi dan bisa meningkatkan produksi buahnya.

5. Cara Merawat Tanaman Cabai dengan Melakukan Monitoring

Anda harus selalu memperhatikan kondisi tanaman cabai agar terhindar dari penyakit dan hama yang dapat mengganggu pertumbuhannya. Untuk mencegah infeksi hama dan penyakit pada tanaman cabai, Anda bisa menyemprotkan pestisida saat sore menjelang malam hari .

Namun, jika tanaman cabai sudah terinfeksi cukup parah, ditandai dengan daun yang menguning, maka Anda bisa memberikannya obat agar tanaman cabai tidak mati.

Demikian cara merawat tanaman cabai yang benar agar tanaman bisa tumbuh subur serta menghasilkan buah yang lebat. Simak informasi dan update menarik lainnya hanya di SegundosFuera.