Fitur Pendukung yang Diterapkan di Website

Posted on

Selain hosting, domain dan konten, terdapat beberapa elemen pendukung lainnya yang bisa digunakan. Para penyedia jasa pembuatan website, juga akan menggunakannya agar mengoptimisasi website dengan lebih baik sesuai kebutuhan klien.

Fitur Pendukung yang Diterapkan di Website

Beberapa elemen di bawah ini sebenarnya bersifat opsional untuk mendukung pengembangan website dengan lebih baik.

1.      Sidebar

Sidebar merupakan bagian sisi kanan dan kiri website pada setiap konten. Sidebar juga berisi informasi tambahan termasuk navigasi, serta berisi widget. Misal saja, dua kategori sidebar berupa widget media sosial dan unggahan populer.

Sifatnya opsional dan bisa menjadi pilihan pengguna website jika diinginkan. Beberapa menampilkan tanpa sidebar dengan satu kolom, beberapa juga menampilkannya di kedua sisi. Semua tergantung konten yang ditampilkan.

2.      Widget

Masuk dalam cakupan sidebar, widget merupakan bagian khusus berisi informasi dengan fungsi yang juga berbeda. Kendati demikian, widget tak selamanya berada pada bagian sidebar. Bisa juga, diletakkan pada bagian footer, posting atau header.

3.      Footer

Footer menjadi bagian paling dasar pada suatu website. Fungsinya, sebagai catatan kaki perihal hak cipta, sumber daya, kepemilikan dan sejenisnya. Penempatan footer juga opsional tergantung penulisnya. Namun, beberapa menempatkan footer untuk tampilan widget.

4.      Navbar

Navbar merupakan singkatan dari Navigation Bar yang berada di bagian paling atas dan terlihat melayang. Navbar akan muncul sekalipun layar telah di-scroll, dan berfungsi memudahkan navigasi situs. Umumnya berupa link penting sebagai pancingan agar dikunjungi.

5.      Popup

Popup hanya akan muncul bila diklik setelah menampilkan link tertentu pada website. Elemen ini, merupakan jendela informasi yang sengaja dibuat agar sampai kepada pengunjung web. Bisa berupa iklan, atau konten lain yang sengaja dimunculkan sebagai opsi bacaan.

Saat link popup dibuka, otomatis jendela baru akan terbuka dan menghilangkan fungsi dari website lain kecuali jika ditutup. Popup memungkinkan pengguna hanya fokus terhadap informasi tersebut, dan membuat halaman lainnya buram atau tertutup.

Selain itu, sebenarnya ada banyak elemen pendukung yang bisa diterapkan pada website sesuai kebutuhan. Baik membuat secara pribadi maupun menggunakan jasa pembuatan website, pastikan agar menggunakan elemen sebagaimana fungsinya. Kalau memang kamu mencari jasa pembuatan website profesional dan terjangkau, SEON adalah pilihan jitu.