Khasiat Kelapa Muda Bakar

4 Khasiat Kelapa Muda Bakar untuk Kesehatan

Posted on

Khasiat Kelapa Muda Bakar untuk Kesehatan – Indonesia memiliki sumber daya yang melimpah khususnya dalam bidang pertanian. Sebagai negara tropis, negara kita banyak ditumbuhi oleh tanaman kelapa.

Tanaman kelapa sering dianggap sebagai pohon serba guna karena hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan untuk keperluan manusia baik untuk kebutuhan pangan, maupun non pangan. Sebut saja buah kelapa, buah yang satu ini sering dimanfaatkan sebagai bahan kuliner, santan, minyak kelapa, minuman, nata de coco, dan masih banyak lagi.

Buah kelapa muda biasanya dimanfaatkan sebagai minuman segar yang dipercaya mampu menghilangkan dahaga setelah berolahraga maupun beraktifitas  di cuaca yang panas.

Kelapa muda memiliki kandungan vitamin, serat yang tinggi, dan mineral-mineral penting di dalamnya. Diantaranya berupa potasium, kalsium, fosfor, dan zat besi, protein, lemak, vitamin C, serta karbohidrat.

Air kelapa muda sendiri dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, menetralisir racun, mengatasi dehidrasi, melancarkan pencernaan, menghambat perkembangan radikal bebas dalam tubuh, kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya, mengatasi kerontokan rambut, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Cara Memilih Degan yang Bagus

Jika biasanya kelapa muda diminum secara langsung, kali ini muncul inovasi baru sajian kelapa muda dengan cara dibakar terlebih dahulu. Minuman ini konon menjadi salah satu favorit Raja Gorontalo dan pertama kali dipopulerkan di daerah Bone.

Kelapa muda bakar biasanya disajikan dengan bahan-bahan campuran seperti madu, gula aren, jahe, serai, cengkih, kayu manis dan rempah-rempah lainnya. Tentu bahan-bahan tambahan ini bisa meningkatkan khasiat dari kelapa bakar. Selain rasanya yang enak, kelapa muda bakar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini informasi mengenai khasiat-khasiat apa saja yang bisa Anda rasakan setelah mengonsumsi kelapa muda bakar.

1. Menambah Energi | Khasiat Kelapa Muda Bakar

Khasiat dari kelapa muda bakar yang pertama yaitu untuk menambah energi. Saat Anda sedang beraktifitas atau berolahraga, maka tubuh Anda memerlukan energi yang lebih. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi minuman berenergi.

Minuman berenergi yang dijual di pasaran bisa menimbulkan efek samping dan membahayakan tubuh Anda jika diminum secara terus menerus. Oleh karena itu, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi kelapa muda bakar sebagai minuman penambah energi yang alami. Untuk menambah khasiatnya, Anda dapat menambahkan madu, dan rempah-rempah lainnya.

2. Mencegah Dehidrasi

Khasiat dari kelapa muda bakar yang selanjutnya yaitu dapat mencegah dehidrasi. Seperti yang kita tahu, air kelapa muda banyak dimanfaatkan untuk mengatasi dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) karena memiliki banyak kesamaan sifat dengan cairan yang ada di dalam tubuh. Selain itu, air kelapa muda sangat mudah diserap oleh tubuh.

Air kelapa muda dikenal memiliki kandungan elektrolit yang tinggi yang bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang saat kita beraktifitas ataupun karena kehilangan cairan akibat diare. Air kelapa muda juga mengandung zat potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan darah.

3. Menghangatkan Tubuh | Khasiat Kelapa Muda Bakar

Khasiat lainnya yang dirasakan setelah mengonsumsi kelapa bakar yaitu dapat menghangatkan tubuh. Kelapa muda bakar sangat cocok dikonsumsi selagi masih hangat.

Untuk menambahkan khasiatnya, Anda dapat mencampurkan jahe, serai dan madu. Sajian kelapa bakar yang satu ini bisa Anda konsumsi di saat cuaca yang dingin atau saat menderita masuk angin.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bahan rempah-rempah yang dicampurkan ke dalam kelapa muda bakar tidak hanya bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Sajian kelapa muda bakar ini juga dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terpapar virus ataupun penyakit.

Demikian tadi khasiat kelapa muda bakar bagi kesehatan. Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di SegundosFuera.com.