Ide usaha dari barang bekas

Posted on

Ide usaha dari barang bekas

Ide usaha dari barang bekas –  Sesuai dengan namanya, usaha daur ulang ini menggunakan bahan bekas yang sudah tidak digunakan lagi. Jadi, modal yang dibutuhkan untuk bisa merealisasikan dan menjalankan Ide usaha dari barang bekas tidak terlalu besar.

Jika Anda tertarik dengan bisnis daur ulang, sebelum memulai sebaiknya ketahui dulu beberapa Ide usaha daur ulang  dari barang bekas terbaik yang beberapa di antaranya akan dijelaskan lengkap pada kesempatan kali ini. Dengarkan bersama, yuk!

Sekilas tentang Daur Ulang

Sebelum Anda mengenal beberapaIde usaha dari barang bekas, ada baiknya Anda mengetahui beberapa informasi dasar tentang daur ulang terlebih dahulu.

Seperti diketahui, daur ulang merupakan salah satu cara pemanfaatan barang bekas agar dapat digunakan kembali dan menjadi barang yang bermanfaat, bernilai dan dapat diperdagangkan seperti semula.

Daur ulang  barang bekas sendiri pada dasarnya merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan, akibat pembuangan sampah plastik secara sembarangan.

Daur ulang biasanya menggunakan mesin , seperti mesin pencacah plastik untuk menghancurkan plastik agar mudah dibentuk menjadi barang yang lebih bernilai.

Pasalnya, sampah plastik yang dibuat sembarangan dapat membuat lingkungan menjadi kumuh, kotor, sebagai sarang penyakit dan memicu berbagai kerusakan lingkungan.

Apalagi sampah plastik yang tidak bisa terurai bisa menjadi tempat berkembangnya berbagai penyakit jika sampah terus menumpuk.

Ini berbeda dengan sampah organik seperti sayur mayur, buah-buahan dan sebagainya yang masih bisa diurai dan dijadikan pupuk alami.

Oleh karena itu, untuk mencegah risiko berbagai penyakit, sampah plastik perlu didaur ulang agar memiliki nilai dan fungsi yang sama seperti sebelumnya.

Mendaur ulang sampah plastik, koran dan sampah lainnya juga membawa segudang manfaat yang baik.

Selain menjaga kebersihan lingkungan, mendaur ulang sampah juga bisa dijadikan pekerjaan baru untuk menambah penghasilan sehari-hari.

Pasalnya, barang daur ulang memiliki nilai ekonomi yang bagus dan bisa diperjualbelikan.

Nah, setelah pembahasan sebelumnya Anda sudah mengetahui beberapa informasi dasar terkait daur ulang, maka kini saatnya Anda mencari tahu sederet Ide usaha dari barang bekas terbaik yang bisa Anda coba peruntungan.

Semua ide bisnis yang diberikan juga merupakan Ide usaha dari daur ulang  barang bekas yang sederhana, karena memiliki proses pembuatan yang sangat mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Daripada bertanya-tanya apa saja  Ide bisnis dari barang bekas,  di bawah ini telah merangkum Ide usaha dari barang bekas dari  dari berbagai sumber, antara lain:

Ide usaha dari barang bekas

1.Wadah untuk menyimpan koran

Ide usaha dari barang bekas pertama yang bisa Anda coba adalah wadah untuk menyimpan koran. Bisa dibayangkan, jika bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat wadah penyimpanan koran ini adalah bekas botol plastik.

Cukup sediakan beberapa botol ukuran sedang atau besar, lalu potong menjadi dua bagian yang sama besar di tengahnya, dan hiasi dengan menggunakan cat air, kertas origami atau aksesoris lainnya agar terlihat lebih menarik.

Selain hemat biaya, membuat wadah penyimpanan koran juga menghemat waktu dan tenaga. Meski begitu, wadah penyimpanan koran yang tampak sederhana ini sangat fungsional.

Jika Anda sudah mahir membuat wadah koran, maka Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut dan mengubahnya menjadi ide bisnis daur ulang yang menjanjikan.

2. Wadah aksesoris

Tak hanya bermanfaat sebagai wadah untuk menyimpan koran, ternyata botol plastik juga bisa digunakan sebagai wadah aksesoris.

Inilah salah satu Ide usaha dari daur ulang yang banyak diminati, terutama kaum wanita.

Mengingat cukup banyak aksesoris yang dimiliki wanita, seperti jepit rambut, karet kuncir kuda, hingga peniti dan peniti, semuanya membutuhkan wadah agar tidak berserakan.

Siapkan saja beberapa botol plastik bekas yang sudah dibersihkan, lalu bentuk botol berlubang lebar sesuai keinginan.

Jika ya, rapikan seluruh botol dan hiasi dengan cat air. Setelah itu menjadi wadah asesoris yang unik dan menarik untuk dilihat.

Agar lebih bermanfaat, Anda juga bisa membuat ide bisnis daur ulang ini dan menjualnya ke kerabat terdekat, kerabat, tetangga atau ke e-commerce.

3. Tas belanja ramah lingkungan

Jika ide bisnis usaha ulang sebelumnya menggunakan botol plastik sebagai bahan utamanya, maka ide bisnis ini menggunakan koran bekas sebagai bahan utama pembuatannya.

Ya, tas belanja ramah lingkungan kini sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan hampir semua supermarket, minimarket dan sebagainya tidak lagi menggunakan kantong plastik sebagai tas belanjaan.

Jadi, Anda sebagai konsumen harus membawa tas belanja sendiri dari rumah. Dengan begitu, tas belanja sudah menjadi salah satu kebutuhan dan gaya hidup.

Anda juga bisa memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Anda bisa menyiapkan beberapa alat dan bahan sederhana yang dibutuhkan, seperti koran bekas, gunting, lem, tali dan karton.