Minyak Atsiri Jahe

Minyak Atsiri Jahe Beserta Potensi dan Peluang Usahanya

Posted on

Haloo Sobat Semuanya!

Pada kesempatan kali ini, penulis kece mau membagian sesuatu mengenai Minyak Atsiri Jahe. Pasti Sobat sudah tidak asing lagi kan dengan jahe itu apa.

Yupss, betul sekali. Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang biasa digunakan untuk menambah citra rasa pada makanan ataupun juga minuman.

Selain itu juga, jahe juga dapat diolah menjadi Minyak Atsiri lho, dengan cara ekstrak bagian rimpangnya. Nah, pada umumnya metode yang digunakan dalam pembuatan Minyak Atsiri itu menggunakan metode penyulingan atau destilasi yang menggunakan alat detsilasi minyak atsiri.

Minyak Atsiri Jahe

Hasil gambar untuk minyak jahe

Salah satu tanaman penghasil Minyak Atsiri yaitu ada jahe. Jahe merupakan jenis rempah yang sangat populer sekali di masyarakat Indonesia, karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Jenis Minyak Atsiri ini memiliki warna kuning yang bening hingga kuning tua.

Minyak Atsiri Jahe ini merupakan salah satu produk yang memberikan peranan bagi perekonomian Indonesia tercinta. Berasal dari jahe dapat dijadikan sebuah usaha yang memiliki potensial yang cukup tinggi, karenanya Minyak Atsiri yang dihasilkan dari tanaman jahe itu memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasar dunia lho Sobat.

Harga Minyak Jahe dalam perdagangan dunia bisa mencapai Rp 500.000–600.000/kg . Produksi jahe sendiri di Indonesia cukup besar, yaitu berkisar 216.586.662 kg dan untuk wilayah Lampung berkisar 2.257.289 kg.

Jenis Jahe.

Hasil gambar untuk jahe gajah emprit dan merah

Jahe juga ada jenis nya lho sobat. Dan jahe memiliki 3 jenis, berikut ini jenis dan penjelasannya :

  •  Kuning Besar

Jenis jahe ini sering juga disebut dengan nama jahe gajah atau juga badak. Yang dimana varietas jahe ini memiliki rimpang yang berukuran besar dan juga gemuk. Ruas rimpangnya lebih menggembung dibandingan dengan dua varietas lainnya.

Jahe ini cocok dikonsumsi atau digunakan sebagai bumbu masak dalam keadaan segar atau juga bentuk olahan jahe yang berumur muda atau tua.

  • Kuning Kecil

Jahe ini disebut juga dengan nama jahe emprit atau sentil. Ruasnya ini kecil, dan agak rata sampai agak menggembung. Jenis jahe ini dipanen setelah berumur tua. Kandungan Minyak Atsiri dalam jenis jahe ini lebih tinggi dibandingkan dengan jahe gajah, sehingga rasanya pun lebih pedas dan seratnya pun lebih tinggi.

Jahe ini cocok dikonsumsi untuk bahan pembuat wedang, obat tradisional, atau juga diekstrak Minyak Atsiri nya untuk dijadikan Minyak Jahe yang berguna untuk relaksasi.

  • Merah

Nah, untuk jenis jahe yang satu ini jenis rimpang nya juga berwarna merah nih Sobat, dan ukurnanya lebih kecil dibandingkan dengan jahe emprit atau sentil. Jenis jahe ini mengandung Minyak Atsiri yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Dan sebaiknya, dipanen ketika usia jahe tua sekitar 8-9 bulan.

Jahe ini cocok dikonsumsi untuk ramuan obat-obatan, dan juga jahe ini merupakan bahan yang penting dalam industri jamu tradisional. Biasanya, dipasarkan dalam bentuk yang segar atau juga bisa kering.

Kandungan Minyak Jahe

Hasil gambar untuk jahe

Jahe itu merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai manfaat untuk kesehatan. Dan juga sudah dipercaya sejak dulu kala untuk mengatasi beberapa maslaah penyakit ringan seperti flu, kemudian batuk, mual hingga muntah juga dipercaya dapat memberikan manfaat untuk kecantikan kulit kita.

Dan berikut ini kandungan Minyak Jahe :

  • Stimulan alami
  • Antiinflamasi
  • Antioksidan
  • Terapeutik
  • Tonik alami
  • Antiseptik

Untuk tanaman herbal jahe mengandung :

  • Magnesium
  • Fosfor
  • Zinc
  • Vitamin C, B3, B6
  • Folat
  • Riboflavin
  • Niasin
  • Zat besi
  • Kalium

Komponen kimia yang terkandung pada jahe adalah Minyak Atsiri sebanyar 2-3%, kemudian pati resi, asam-asam organik, asam malat, oksalat dan gingerin. Komponen utama pada Minyak Atsiri Jahe yang menyebabkan adanya aroma yang khas pada jahe itu adalah zingiberen, gingerol, shagaol, dan resin.  Terdapat juga sekitar 40 hidrokarbon monoterpenoid lain yang berbeda seperti 1,8–cineole, linalool, borneol, neral dan geranio.

Untuk rimpang Jahe Emprit itu menagndung Minyak Atsiri yang terdiri dari beberapa senyawa, seperti  oleoresin, camphena, limonen, borneol dan lain sebagainya. Kandungan utama Minyak Jahe Emprit itu ada zingiberene dengan total kandungan bisa mencapai 30% – 35% dari total Minyak Atsiri.

Manfaat Minyak Atsiri Jahe

Hasil gambar untuk sedang dipijt

  • Menyembuhkan Infeksi

Minyak Jahe merupakan antiseptik sehingga mampu mencegah infeksi yang dapat disebabkan oleh mikroorganisme dan juga bakteri. Kemampuan antispetiknya efektif untuk meringankan infeksi usus, kemudian disentri akibat bakteri dan juga keracunan makanan.

Minyak Jahe juga efektif digunakan untuk melawan malaria yang memicu gejala seperti demam, muntah, sakit kepala, dan kelelahan. Pada kasus yang berat, malaria dapat juga membuat kulit menjadi kuning, kejang, koma, bahkan bisa menyebabkan kematian.

  • Meringankan Masalah Pernapasan

Mampu menghilangkan lendir dari tenggorokan dan paru-paru, serta dikenal juga mampu meringankan masalah flu, dan secara alami mengobati batuk, asama serta juga bronkitis.

Karena memiliki sifat ekspetoran, Minyak Jahe mengirim sinyal ke tubuh untuk meningkatkan jumlah sekresi lendir pada saluran pernapasan, yang melumasi daerah yang teriritasi. Kemudian para penelitian juga menunjugan bahwa jenis minyak ini dapat berfungsi sebagai obat alami untuk pasien asma.

Asma itu merupakan penyakit pernapasan yang dapat menyebabkan kejang otot pada bronkus, pembengkakan selaput pada paru-paru dan peningkatkan produksi lendiri. Penyakit ini dapat menyebabkan kesulitan pada bernapas yang disebabkan pada polusi, obesitas, alergi, stress, atau juga ketidakseimbangan pada hormon.

  • Mengurangi Peradangan

Peradangan dalam tubuh yang sehat itu merupakan respon yaang normal yang memfasilitasi penyembuhan. Namun, ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan dan juga mulai menyerang jaringan tubuh yang sehat, maka terjadilah peradangan yang dapat memicu kembung, kemudian bengkak, rasa sakit, dan juga ketidaknyamanan.

Inflamasi abnormal itu merupakan akar dari banyaknya penyakit, dan juga merupakan penyebabnya sindrom usus besar, kemudian gejala arthritis dan fibromyalgia, celiac serta penyakit iritasi pada usus besar. Itu sebabnya, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan anti-inflamasi untuk mengurangi respon pada imun tubuh.

Ada sebuah senyawa dari Minyak Jahe disebut juga dengan zingiban yang dapat bertanggung jawab untuk sifat anti-inflamasi. Senyawa penting inti mempu membantu meredakan rasa sakit dan juga nyeri otot, arthritis, migrain serta juga sakit kepala.

Minyak Jahe ini juga dipercaya mampu mengurangi jumlah prostaglandin yang ada didalam tubuh, yang juga merupakan senyawa yang berhubungan dengan nyeri.

  • Dapat Mengatasi Mual

Dengan menghirup Minyak Jahe ternyata dpaat membantu mengatasi masalah mual dan juga muntah. Minyak Jahe juga dipercaya dapat mengatasi gangguan yang terjadi pada pencernaan, kemudian diare, dan juga sakit perut dengan cara mengoleskan saja seperti menggunakan minyak angin.

  • Mengatasi Migrain

Jika Sobat sering mengalami migrain atau sakit kepala, pijatlah bagian dahi, pelipis, kemudian belakang leher dengan Minyak Jahe yang telah dilarutkan dengan minyak pembawa, seperti aitun, jojoba, almond, dan lain sebagainya. Sobat bisa melakukan langkah ini satu atau dua kali dalam sehari. Selain dapat mengurangi rasa sakit, ketegangan pada kepala, aroma dari Minyak Jahe pun dapat menekan rasal mual yang sering disaat sedang migrain atau sakit kepala.

  • Menjaga Kecantikan Kulit

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 ini meneliti beberapa jenis Minyak Atsiri termasuk juga dengan manfaat Minyak Jahe sebagai krim antikeriput. Hasilnya, kandungan antioksidan pada Minyak Jahe ini memiliki potensi untuk mengatasi keriput, kemudian kerutan halus maupun kulit kasar.

  • Memperkuat Kesehatan Jantung 

Mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dan juga dapat mencegah pembekuan pada darah. Studi pendahulan yang dilakukan oleh salah satu perguruan tinggi yaitu  University of Maryland Medical Center, bahwa jahe itu dapat menurunkan kolesterol dan juga membantu mencegah pembekuan darah.

Semua manfaat tersebut dapat berguna untuk mencegah penyakit jantung dan juga stroke yang diakibatkannya adanya pembekuan darah. Selain dapat mengurangi kadar dari kolesterol, Minyak Jahe juga mampu meningkatkan metabolisme lipid, serta membantu menurunkan risiko dari penyakit kardiovaskular dan diabetes.

  • Aphrodisiac Alami

Minyak Atsiri Jahe mampu meningkatkan hasrat seksual, sekaligus juga dapat mengatasi masalah seksual seperti impotensi dan hilangnya libido. Impotensi juga dikenal dengan difungsi ereksi merupakan ketidakmampuan seseorang pria untuk mempertahankan ereksi yang lumayan cukup lama yang bisa dipicu oleh masalah fisiologis dan juga psikologis.

Karena memiliki sifat stimulan dan juga menghangatkan yang dimilinya, Minyak Jahe juga berfungsi sebagai aphrodisiac alami yang efektif, serta juga sebagai obat alami untuk impotensi. Selain itu juga, minyak ini mempu membatu stress dan juga menumbuhkan perasaan percaya diri sehingga menghilangkan keraguan dan juga ketakutan.

Cara Penggunaan dan Efek Samping

Untuk cara penggunaan ada beragam nih Sobat, bisa digunakan dengan cara oles, dihirup, disemprot, atau juga bisa menggunakan alat khusus yang bernama diffuser. Diffuser ini alat otomatis yang bisa menyemprot dengan sendirinya, yang biasa digunakan untuk membuat ruangan menjadi harum, dan membuat tubuh kita menjadi rileks dan tenang.

Tetapi. jika Sobat ingin memakai Minyak Atsiri Jahe, perlu sekali untuk mencampurkan atau melarutkan terlebih dahulu dengan minyak pembawa seperti jojoba, zaitun, almond, dan lain-lainnya, karena Minyak Atsiri itu cukup keras untuk digunakan, dan jika tidak cocok atau kulit kita tidak kuat bisa menyebabkan alergi seperi kemerahan, gatal, bahkan juga bisa mengakibatkan iritasi.

Maka dari itu juga sebelum penggunaan, Sobat perlu mengetes terlebih dahulu dengan cara dioleskan terlebih dahulu pada punggung tangan, lengan atau kaki bebas, dan tunggu selama 24 jam. Jika setelah pemakaian merasa kulit panas, kemerahan, gatal, maka segera basuh dan hentikan penggunaan Minyak Atsiri. Tetapi jika tidak terjadi apapun, dan merasa aman saat memakainya itu tandanya Minyak Atsiri cocok untuk digunakan di kulit Sobat.

Potensi dan Peluang Usaha

Memanfaatkan sebuah hasil alam yang tersedia di lingkungan sekitar itu sangat menguntungkan. Sama halnya dengan memanfaatkan tanaman jahe yang sangat menggiurkan, selain itu juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jika kita menggunakannya dengan rutin.

Nah, Peluang usaha dari Minyak Jahe juga menjadi salah satu celah bisnis yang dapat diambil dan pastinya menguntungkan sekali. Minyak Jahe memiliki kandungan dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, selain itu juga dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional lho Sobat!

Sebenarnya bisnis ini juga sudah lama ada dan dijalankan, Namun, memang Potensi bisnis Minyak Jahe ini dikatakan masih sangat menjajikan, Jadi, permintaan pun semakin hari semakin meningkat, dengan seiringnya petumbuhan bisnis herbal. Keuntungan yang didapat pun dari bisnis ini tidak main-main, karena memang dikatakan sangat besar.

Jika mungkin Sobat masih bingung memilih jenis sebuah usaha, bisnis, atau pekerjaan yang akan dilakukan, bisa nih Sobat menjadikan Minyak Atsiri Jahe ini sebagai bisnis atau usaha Sobat. Berikut ini ada penjelasan dan tips mengenai Bisnis Minyak Jahe yang dapat diterapkan oleh Sobat :

  • Memulai Bisnis

Bisnis Minyak Atsiri memang menjadi salah satu jenis bisnis yang tidak mati, karema setiap dan dimana kebutuhannya itu selalu meningkat, dan dibutuhkan. Begitupula dengan Jenis Minyak Atsiri yang lainnya, salah satunya Minyak Jahe yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan.

Untuk memulai bisnis ini tidak sulit dan tidak mudah. Sobat bisa memulainya dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Dan Sobat bisa memulai bisnis Minyak Jahe di rumah.

  • Pelaku Bisnis

Bisnis ini juga cocok dan bisa dilakukan oleh semua orang. Pastinya dengan kemauan, niat dan minat yang tinggi, maka bisnis Minyak Jahe ini pun akan berjalan dengan mudah.

  • Konsumen Bisnis

Konsumen atau peminat Minyak Jahe ini tidaklah sulit, karena bisa digunakan oleh semua jenis umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Khasiatnya pun jangan diragukan lagi, karena minyak ini dapat membuat tubuh menjadi sehat. Dan Minyak Jahe ini membuat Minyak Atsiri laris manis di pasaran atau toko.

  • Bahan Baku Bisnis.

Dalam membuat dan menjalankan sebuah bisnis pastinya memerlukan bahan baku untuk pembuatannya. Nah, untuk membuat Minyak Atsiri Jahe membutuhkan bahan baku, utamanya yaitu ada jahe. Bahan yang satu ini sangat penting, jika tidak ada jahe maka tidak akan terbuat menjadi Minyak Jahe. Untuk mendapatkan harga paling murah, jahe bisa dibeli langsung dari petani.

  • Peralatan Bisnis

Selain bahan, pastinya juga membutuhkan beberapa peralatan yang penting, salah satunya ada alat destilasi minyak atsiri dan beberapa alat pendukung lainnya. Peralatan ini dibutuhkan untuk mendukung pembuatan dan pastinya agar bisnis berjalan dengan lancar, maksimal, dan menguntungkan.

  • Lokasi Stragegis Pemasaran.

Dalam berjualan, Sobat pasti harus menentukan tempat pemasaran yang patinya strategis, agar bisnis Sobat banyak dibeli oleh banyak orang. Sobat pun bisa memasarkan Minyak Atsiri seperti di pasaran, atau juga pabrik herbal, kosmetik, kesehatan yang membutuhkan Minyak Atsiri. Selain itu juga, Sobat pun bisa memasarkannya melalui laman online, karena juga dilihat konsumen sekarang lebih membelinya lewat online.

  • Karyawan Bisnis.

Untuk permulaan, bisa menggunakan karyawan satu dulu untuk membantu menjalankan bisnis Minyak Atsiri Jahe. Jika nanti bisnis sudah berjalan lancar dan banyak pesanan, bisa menambah karyawan untuk mempercepat kinerja.

  • Harga Jual

Untuk harga jual juga jangan asal, bisa dibuat dengan patokan harga. Sobat bisa menghitung per botol atau kemasan juga bisa yang dimana harga mulai dari Rp 15.000- Rp 50.000. Tetapi harga juga tergantung dengan bahan, jenis, dan ukuran Minyak Jahe yang dijual.

  • Keuntungan

Pastinya disebuah bisnis itu ada keuntungan dan juga kekurangan. Keuntungan dari bisnis Minyak Jahe ini pastinya banyak dicari dan diminati oleh banyak orang, karena juga memiliki beragam khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

  • Kekurangan

Nah untuk kekurangannya yaitu terdapat banyaknya tingkat persaingan yang tinggi dan juga ketat. Maka dari itu, ketika kita membuat sebuat bisnis atau usaha, buatlah sebuah teknik pemasaran yang kreatif agar menarik banyak konsumen.

Itulah mengenai Minyak Atsiri Jahe. Untuk artikel lainnya silahkan Sobat bisa kunjungi Minyak Atsiri Jahe, untuk mengetahui informasi yang tidak ada di artikel ini.

Sekian dulu dari penulis kece, mohon maaf apabila didalam artikel ini terdapat kekurangan atau kesalahan. Jika ada saran atau kritik yang membangun bagi penulis, silahkan bisa disampaikan melalui laman komentar dibawah.

Dan jangan lupa juga ya untuk share artikel ini sebanyak-banyaknya kepada Sobat yang lainnya. Yuk saling berbagi ilmu!

Terima Kasih dan sampai jumpa esok!