cara membuat kerupuk aci terasi

Cara Membuat Kerupuk Aci Terasi Di Jamin Berhasil

Posted on

Halo guys! Pada artikel kali ini saya mau berbagi bagaimana cara membuat kerupuk aci terasi yang enak gurih dan gampang cara pembuatannya.

Di Indonesia, kerupuk merupakan salah satu makanan ringan atau camilan favorit yang hampir di gemari setiap kalangan. Katanya kalau makan ngga ada kerupuk seperti ada yang kurang.

Karena hal itulah kerupuk bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan, anda bisa membaca cara membuat kerupuk terasi untuk analisis usaha nya.

Untuk memulai usaha kerupuk terasi ini juga tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa membeli alat alat yang di butuhkan di rumahmesin.com. Di website tersebut anda bisa mendapatkan alat yang berkualitas dengan harga yang ramah di kantong.

Sebelum kita ke resep alangkah baiknya apabila anda tau dulu manfaat yang di dapatkan dari tepung aci atau tepung tapioka atau tepung kanji dan juga cara memilih terasi yang baik. Simak pembahasan berikut.

Manfaat Tepung Aci dan Cara Memilih Terasi Yang Berkualitas

Cara Membuat Kerupuk Aci Terasi ini rasanya tidak lengkap apabila saya tidak berbagi tips tips yang dapat membantu  seputar kerupuk aci terasi, yuk simak!

  • Manfaat Tepung Aci atau Kanji

 

Tepung tapioka yang terbuat dari tanaman singkong ini ternyata bebas dari gluten loh sehingga dapat dikonsumsi bagi mereka yang memiliki alergi terhadap gluten. Tepung tapioka atau aci juga mengandung selenium, tembaga, mangan, zat besi, vitamin B6, kalsium, asam folat, dan juga panthothenic.

Menyehatkan pencernaan dan Tinggi asam folat

Tepung kanji ini tinggi akan serat yang bekerja secara efisien untuk membantu menyehatkan pencernaan pada tubuh anda. Dengan cara anda mengonsumsi tepung kanji secara rutin dan teratur bisa untuk mencegah sembelit, nyeri usus, perut kembung, dan bahkan mencegah penyakit kanker usus.

Di dalam tepung aci juga terkandung asam folat dan vitamin B kompleks yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Melancarkan sirkulasi darah dan Menurunkan tekanan darah

Tepung tapioka mengandung zat besi, tubuh sangatlah membutuhkan zat besi ini untuk bisa menghasilkan sel darah baru, mencegah anemia, dan juga dapat melancarkan sirkulasi darah.

Kandungan kalium yang anda terdapat di dalam tepung aci ini juga bisa untuk membantu mengurangi stres pada pembuluh darah dan juga arteri. Sementara kandungan potasiumnya pada tepung ini juga berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Menambah berat badan dengan cara yang sehat

Jika anda merasa kekurangan berat badan, konsumsilah tepung kanji atau tepung aci ini secara rutin. Karena tepung ini kaya akan karbohidrat sehat tetapi tidak mengandung lemak jenuh ataupun tinggi kalori.

Menguatkan tulang dan Mendukung sistem metabolisme

Dengan anda mengonsumsi tepung kanji juga baik loh untuk mendukung kesehatan tulang anda. Dikarenakan tepung aci mengandung zat besi, vitamin K dan kalsium yang dapat membantu mencegah penyakit osteoporosis serta osteoarthritis.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa tepung kanji juga mengandung protein berbasis nabati yang berguna untuk meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh anda.

  • Cara Memilih Terasi Yang Berkualitas

Bumbu dapur apa yang memiliki wangi yang sangat sangatlah tajam? Ya, terasi! Memiliki aroma yang tajam membuat masakan yang di campur dengan bahan ini menjadi spesial. Tapi tidak jarang juga orang yang tidak menyukai terasi ini sebab baunya yang tajam itu.

Terasi memiliki dua jenis berdasarkan dari bahan dasarnya yaitu terasi udang dan juga terasi yang terbuat dari ikan. Terasi udang dibuat menggunakan bahan dasar udang rebon, sedangkan untuk terasi ikan biasanya dibuat dari jenis ikan selar ataupun ikan teri. Proses pembuatan terasinya sama, udang atau ikan yaitu pertama-tama direbus. Khusus untuk ikan akan dibuang bagian kepalanya, lalu ikan atau udang tersebut akan dijemur sampai setengah kering dan ditumbuk atau dihaluskan dengan dicampur garam. Adonan terasi tadi kemudian dijemur lagi sampai kering dan ditumbuk lagi hingga adonan benar-benar halus dan bisa untuk dibentuk. Setelah ditumbuk, adonan  bisa dibungkus dengan menggunakan daun pisang kering dan didiamkan adonan tersebut kurang lebih selama 1-4 minggu untuk proses fermentasinya, hingga aroma terasinya keluar dari adonan tersebut.

Kemasan Utuh

Don’t judge a book by it’s coverAda pepatah yang mengatakan kalau kita tidak boleh menilai sesuatu hanya dari tampilan luarnya saja. Tapi hal ini tidak berlaku saat anda memilih makanan, termasuk juga dalam memilih terasi. Pastikan kemasan dari terasi tersebut benar-benar tidak dalam keadaan robek maupun rusak sedikitpun atau kemasan masih dalam kondisi utuh. Kemasan yang sudah robek atau rusak dikhawatirkan akan mengundang kotoran ataupun kuman masuk ke dalam terasi, pastinya anda tidak mau kan hal itu terjadi.

Warna, Bentuk dan Aroma

Warna terasi yang memiliki kualitas yang baik adalah warna coklat kehitaman. Apabila terasi memiliki warna agak kemerahan, biasanya hal tersebut disebabkan karena terasi dalam kondisi yang kering. Tetapi pastikan lagi jika warna merah dari terasi tidak begitu mencolok ya, karena bisa jadi terasi tersebut dicampurkan dengan bahan pewarna rhodamin, yang  mana itu juga adalah pewarna tekstil yang berbahaya. Untuk memastikan tidak memakai pewarna, coba cek tangan anda setelah memegang terasi tersebut. Jika terasi dicampur menggunakan pewarna tak aman ini, maka warna terasi akan tertinggal atau membekas di tangan setelah anda pegang.

Terasi yang berkualitas baik adalah terasi yang padat dan juga kering tetapi mudah untuk dicubit menjadi sebuah potongan ataupun serpihan di tangan anda. Biasanya terasi bermerek seperti mamasuka dalam kemasan cenderung memiliki tekstur lebih kering dan siap untuk pakai tanpa harus anda goreng atau bakar terlebih dahulu.

Selanjutnya selain warna dan bentuk anda juga harus memperhatikan aroma, jangan sampai anda salah mencium aroma terasi yang memiliki kualitas bagus. Anda harus bisa untuk membedakan aroma terasi yang masih segar dan juga tidak menyengat terlalu tajam atau bahkan berbau busuk, karena dikhawatirkan terasi tersebut terbuat dari ikan atau udang rebon yang sudah tidak segar lagi atau berkualitas jelek.

Cara penyimpanan

Setelah anda berhasil membeli terasi dengan kualitas yang bagus, anda harus menyimpan terasi tersebut dengan baik pula, supaya saat terasi digunakan kualitasnya tidak menurun dan jelek. Simpan sisa terasi yang belum dipakai dalam bungkusnya dan masukan bungkus ke dalam wadah yang kedap udara seperti toples. Setelah itu, anda juga bisa menyimpannya di kulkas agar menjadi lebih tahan lama.

Apabila anda masih ragu juga saya akan berbagi tips bagaimana cara membuat terasi di rumah, simak resepnya ya!

Cara Membuat Terasi Di Rumah

Bahan – Bahan:

  • 2 kg kepala udang n kulit udang
  • 200 ml air
  • 12 sdt garam
  • 6 sdt gula pasir
  • 2 sdt kaldu Jamur (bila suka)

Cara Pembuatan:

  1. Blender bagian kepala Dan juga kulit udang dengan air yang secukupnya. Saya memblendernya 2x  karena bahan yang di gunakan banyak.
  2. Siapkanlah wajan di atas kompor lalu tuangkan kulit serta kepala udang yang sudah anda blender halus tadi, masak adonan dengan nyala api sedang, jangan lupa beri gula, garam dan juga kaldu Jamur.
  3. Aduk adonan terus menerus dengan penuh kesabaran karena membutuhkan waktu yang lumayan lama. Lama kelamaan mulai berkurang kadar air di dalam adonan
  4. Apabila sudah mulai terlihat mengering kecilkan nyala api kompur dan test rasa terasi sesuaikan selera anda.
  5. Sangrai terasi dengan terus diaduk hingga adonan terasi benar2 kering. Terasi sudah jadi, matikan api pada kompor. Dan biarkan sampai terasi dingin lalu simpan di toples yang kedap udara. Anda dapat menyimannya  di kulkas atau frezer, terasinya tidak akan beku.

Ternyata gampang banget ya bikin terasi sendiri, selain lebih aman juga bisa mengatur rasanya sendiri. Nah sekarang cus ke resep cara membuat kerupuk aci terasi.

Cara Membuat Kerupuk Aci Teras

Proses Cara Membuat Aci Terasi

Bahan- Bahan:

  • 200 gr tepung tapioka (tepung aci)
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 bungkus terasi abc
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1,5 sdt garam
  • kaldu royco (saya pakai kaldu non msg) secukupnya
  • 1 1/2 gelas belimbing air putih (bisa ditambah kalau nanti adonan kekentalan)
  • 5 siung bawang putih haluskan

Cara Pembuatan:

  1. Ulek atau blender sampai menjadi halus terlebih dahulu bawang putih, terasi, garam, dan juga kaldu sesuai dengan selera anda.
  2. Siapkan tempat ataupun baskom dan masukkan kedua jenis tepung yaitu tepung aci dan terigu.
  3. Masukkan bumbu bumbu tadi, lalu tuangkan air secukupnya dan campur semuanya sampai tidak ada tepung yang menggerindil dan kalis.
  4. Siapkan loyang atau wadah yang tahan panas yang sudah dioles dengan sedikit minyak goreng. Tuang adonan tadi kedalam loyang atau wadah.
  5. Kukus adonan kurang lebih selama 15-20 menit sampai adonan berubah bening transparan & matang
  6. Setelah adonan matang, keluarkan adonan dari loyang dan biarkan sampai benar2 dingin. Boleh langsung dipotong tipis2 dengan menggunakan pisau yang tajam dan boleh juga dimasukkan ke dalam kulkas dulu sebelum dipotong tipis2.
  7. Jemur adonan yang sudah di iris sampai benar2 kering, goreng kerupuk aci terasi dengan nyala api sedang.
  8. Apabila sudah matang, tiriskan dengan menggunakan tissue makan agar minyak yang menempel pada kerupuk aci tidak terlalu banyak.

Nah itu tadi tips tips dan resep yang bisa saya bagikan, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk mencobanya di rumah ya! Terima Kasih.