Jenis Sapi Unik

6 Jenis Sapi Unik dari Berbagai Belahan Dunia

Posted on

Sapi merupakan hewan ternak yang cukup banyak di pelihara. Pada umumnya sapi di Indonesia selain dimanfaatkan daging dan susunya, sapi juga dimanfaatkan untuk membajak sawah. Namun, tahukah jika di dunia ini banyak sekali jenis sapi. Apa saja jenis-jenis sapi tersebut? Mari kita bahas secara lengkap di bawah ini.

A.     Sapi Ankole-Watusi dari Afrika

Sapi Ankole Watusi dinobatkan sebagai sapi yang memiliki tanduk terbesar di dunia, memiliki tanduk hingga 2 meter lebih, digunakan sebagai pertahanan diri. Sapi ini hanya bisa ditemukan di dataran Afrika.

Beberapa suku di Afrika menganggap hewan tersebut adalah hewan yang suci dan disucikan. Selain itu, sebagai sumber kekayaan oleh pemiliknya. Semakin banyak watusi di pelihara, maka semakin terlihat kaya seseorang di mata masyarakat.

B.     Sapi Texas Longhorn dari Amerika

Sapi unik kedua adalah Texas Longhorn. Nama yang disandang sapi ini adalah longhorn lantaran memilik tanduk hingga 2 meter lebih.  Sapi Texas Longhorn banyak dikembangkan oleh para peternak di Texas.

Sapi ini masih ada hubungan dekat dengan jenis – jenis sapi dari Portugis yang masuk ke Amerika pada tahun 1493. Lalu, sapi Texas Longhorn dikawin silangkan dengan sapi lokal hingga menghasilkan sapi baru.

Ciri khas dari Sapi Texas Longhorn adalah memililiki warna yang bervariasi mulai dari putih, coklat, hitam, biru dan kuning. Memiliki karakter yang sangat kuat serta lebih agresif dan sapi ini mampu beradaptasi dengan lingkungan tropis.

C.     Sapi Belgian Blue dari Belgia

Jenis sapi unik ketiga adalah Belgian blue, sesuai dengan namanya sapi ini berasal dari Belgia. Jika jenis – jenis sapi diatas adalah sapi yang memiliki tanduk besar dan panjang, berbeda dengan Belgian Blue. Belgian blue memiliki tubuh yang sangat kekar dan memiliki bobot badan hingga 1 ton lebih.

Bentuk tubuh yang kekar tersebut didapatkan secara alami, tak hanya itu daging yang dihasilkan dari Sapi Belgia Blue lebih banyak ketimbangkan sapi – sapi yang lain. Meskipun daging yang dihasilkan lebih banyak, namun lemaknya sangat sedikit.

D.     Sapi Dexter dari Irlandia

Jika sebelumnya kita mengetahui sapi yang memiliki tanduk besar dan badan kekar. Hal ini tidak berlaku bagi Dexter, sapi ini memiliki badan pendek setara dengan pinggang orang dewasa dan memiliki berat badan kisaran 300 – 350 kg, membuat sapi ini termasuk jenis sapi unik dari belahan dunia.

Pada tahun 1882 sapi Dexter dibawah ke Inggris dan saat ini sapi tersebut tidak lagi bisa ditemukan dari daerah asalnya. Dexter tergolong sapi langka dan cukup sulit ditemukan, hingga saaat ini Sapi Dexter hanya ada di daerah Inggris, Afrika Selatan, Eropa, Amerika Utara, dan Australia.

E.      Sapi Highland dari Skotlandia

Sapi unik berasal Skotlandia ini menjadi sapi unik selanjutnya, menurut dari Eagle Brae, sapi ini diperkirakan sudah ada pada abad ke-6 namun baru tercatat secara resmi pada tahun 1885. Sapi jenis ini berasal dari wilayah historis dataran tinggi Skotlandia serta kepulauan barat Skotlandia.

Pada umunya sapi memiliki bulu pendek dan halus. Namun, berbeda dengan sapi Highland, sapi ini memiliki ciri khas bulu panjang. Rambuk panjang inilah yang memberi sapi ini predikat hewan ternak tangguh karena dapat hidup dengan cuaca dingin di Skotlandia.

F.      Sapi Brangus dari Amerika Serikat

Sapi brangus merupakan sapi yang mudah kembang biakan, ciri khas dari sapi ini adalah memiliki warna legam pada kulitnya dan memiliki tinggi tubuh cukup tinggi. Sapi ini adalah hasil persilangan dari Angus dan Brahman.

Memiliki tanduk dan telinga kecil namun komposisi badan kompak dan padat dan memiliki kaki kuat. Meskipun memiliki warna kulit hitam, namun sapi Brangus tahan akan cuaca panas dan gigitan serangga. Di Indonesia sendiri sapi ini sangat mudah ditemukan, terlebih sapi ini unggul daripada jenis sapi lain yang ada di Indonesia.

Keunggulan dari sapi lainnya yakni pertubuhan badannya yang cepat, memiliki berat badan dewasa antara 900kg – 1 ton. Tak hanya itu, memiliki daya tahan tubuh yang bagus, tahan terhadap panas ataupun iklim tropis serta produktifitas daging yang tinggi.

Dari berbagai jenis sapi unik di dunia yang telah ulas diatas. Di Indonesia sendiri juga ada sapi unik yang sering di pelihara oleh masyarakat Indonesia, dan tak jarang sapi ini di ikut sertakan kontes, sapi tersebut yakni Limosin. Klik link berikut jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang sapi limousin.

Itulah beberapa jenis sapi unik dari berbagai belahan dunia yang bisa disampaikan. Dengan mengetahui beberapa hal diatas, kita semakin menambah wawasan dari jenis – jenis sapi yang ada di dunia ini.