Pengganti Kantong Kresek Yang Bisa Mengurangi Limbah Plastik

Posted on

Pengganti kantong kresek ini dapat mengurangi limbah plastik,karena teman-teman semua sudah tahu jika plastik ini salah satu limbah yang sekarang-sekarang ini sangat meresahkan bagi dunia. Maka dari itu harus ada pengganti dari kantung kresek tersebut.

Lalu bagaimana jika kita ingin mengurangi limbah tersebut jika belum mengetahui apa itu plastik dan kegunaan nya bagi kita. Mari kita cari tahu terlebih dahulu apa itu plastik. Ada jenis-jenis plastik yang dapat teman-teman ketahui ya.

Kantong plastik atau yang biasa disebut kantong kresek ini ialah merupakan kantong pembungkus yang di buat dari plastik atau bahasa latin nya ialah (poliolefin atau polivinil klorida). Dengan mesin pencacah plastik ini akan memudahkan teman-teman semua yang bergelut di bidang industri hemat harga juga lho.

Apa yang dari jenis-jenis kantong plastik itu memiliki kegunaan yaitu digunakan untuk memuat dan membawa barang konsumsi. Bagian dasar dan sisi kiri/kanan kantong umumnya direkatkan dengan mesin penyegel plastik, akan tetapi ada kantong plastik yang disatukan dengan perekat ataupun bisa dengan dijahit.

Dengan beberapa jenis-jenis plastik kantong itu sendiri adalah yang pertama seperti kantong plastik untuk kemasan, yang kedua ini seperti kantong belanja, Yang ketiga ini seperti kantong sampah, yang ketiga ini seperti kantong besar untuk keperluan industri.

Ada Beberapa Pengganti Kantong Kresek Dengan Jenis-Jenis Nya Yang Bisa Mengurangi Limbah

pengganti kantong kresek

Dengan Beberapa Jenis KantongĀ  Ini Mari Kita Ketahui Dengan Di Bawah Ini

Akan tetapi sebelum kita mengetahui apa itu jenis kantong kresek yang bisa mengurangi limbah di masyarakat mari kita bahas terlebih jauh dari kantong kresek itu sendiri. Karena banyak sekali yang bisa mengganggu dari bahan kimia tersebut kantong kresek ini sangat berbahaya kandungan kimia bagi anak-anak.

Ada beberapa jenis kantong plastik, yang pada khususnya kantong plastik yang akan dipakai penatu untuk membungkus pakaian yang dicuci kering, akan juga berpotensi mendatangkan celaka bagi anak-anak, terutama asfiksia (mati lemas).

Untuk usia yang masih anak-anak sangat lah harus dicegah agar tidak akan bermain-main dengan memasukkan kepala mereka ke dalam kantong plastik. Karena dengan memasukkan kepala anak-anak tersebut ke dalam kantong plastik akan menghirup zat kimia yang terkandung dalam kantong plastik tersebut lho.

Pada di negara Amerika Serikat, pada setiap tahunnya ada sekitar dua puluh lima (25) orang anak ( yang sebagian besar nya yang berusia di bawah 1 tahun lho) dengan kasus meninggal dunia akibat mati lemas yang disebabkan dari kantong plastik tersebut.

Suatu salah satu dari produsen kantong plastik itu harus lah sangat secara sukarela mencantumkan suatu peringatan keras di dalam label nya agar tidak meletakkan secara langsung kantong plastik itu di dekat ranjang bayi anak-anak mereka agar bayi tersebut tidak menghirum kantong plastik.

Dalam penjelasan di atas , mari kita bahas jenis pengganti kantong kresek yang bisa mengurangi penggunaan kantong kresek, yaitu :

  • Yang pertama ini adalah Tas karung goni

Tas yang bahan dasarnya dari karung goni ini menjadi pilihan yang terbaik untuk pengganti kantong plastik. Dikenal dengan istilah jute bag, tas ini terbuat dari serat nabati yang tahan lama serta alami.

Ketika sudah mulai usang atau rusak, letakan tas goni ke tumpukan kompos sehingga akan terurai hingga rusak. Atau maksimalkan penggunaan dengan mendaur ulang tas goni menggunakan tekstil.

  • Yang kedua ini adalah Tas kanvas

Tas kanvas sudah menjadi tidak asing lagi di telinga masyarakat, berbagai macam tas kanvas mudah ditemukan dengan desain dan warna yang beragam. Saat membeli tas kanvas atau tas katun, pilihlah yang menggunakan kapas organik untuk memastikan produk menjadi lebih tahan lama digunakan

Selain itu, tas kanvas dapat digunakan ratusan kali, dan mudah dicuci. Tas kanvas juga mudah terurai secara alami, bahkan kamu dapat memotongnya dan menambahkannya ke kompos di rumah.

  • Yang ketiga ini adalah Paperbag atau kantong kertas

Paperbag saat ini sudah digunakan oleh beberapa pusat perbelanjaan yang diberikan kepada konsumen. Walaupun umumnya hanya dapat bertahan saat beberapa kali penggunaan belanja, paperbag dapat didaur ulang atau dibuat menjadi kompos.

  • Yang keempat ini adalah Tas ‘hijau’ polypropylene

Tas hijau ini rata-rata digunakan selama 2 tahun, ketika sudah mulai menunjukan kerusakan, tas ini dapat dibuang dengan sampah lainnya di tempat sampah untuk daur ulang.

  • Yang kelima ini adalah Tas gantungan kunci

Tas ini memiliki bahan yang tipis sehingga dapat mudah dilipat menjadi gantungan kunci. Kamu dapat menggantungkan tas ini di kunci rumah dan juga kunci kendaraan, sehingga memiliki cadangan jika lupa membawa tas belanja.

Dengan artikel pengganti kantong kresek ini sebagai salah satu saran pengganti kantong kresek yang teman-teman pakai biasa nya untuk mengurangi limbah plastik ya teman-teman mari kita jaga bumi kita. Save earth !