alat kesehatan ruang nicu

Contoh Alat Kesehatan Di Ruang NICU Rumah Sakit

Posted on

Kita semua mengetahui tentunya, ada banyak sekali macam dan ragam alat kesehatan yang digunakan untuk pelayanan medis dan menyelamatkan jiwa yang membutuhkan pertolongan di rumah sakit. Bebrapa jenis alat kesehatan sudah pernah kita bahas sebelumnya. Alat Elektromedik, Non Elektromedik dan juga Diagnostic In Vitro. Selain itu ada juga alat – alat kesehatan yang secara khusus digunakan di dalam ruang tertentu seperti alat kesehatan di ruang ICU.

Kali ini kita juga akan berbicara tentang beberapa macam alat kesehatan di salah satu ruang khusus untuk perawatan pasien neonatal yakni ruang NICU. Ruangan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ruang ICU yang sudah kita bahas sebelumnya. Baiklah, berikut ini beberapa alat medis yang terdapat di dalam ruang NICU.

Alat Kesehatan Ruang NICU

# Inkubator Bayi

Salah satu alat kesehatan khusus yang terdapat di dalam ruang NICU adalah Inkubator Bayi. Yaitu sebuah alat kesehatan yang digunakan untuk merawat bayi – bayi prematur dengan kondisi kesehatan yang memang harus dilakukan perawatan dan penjagaan secara intensif. Inkubator Bayi memiliki banyak sekali fungsi diantaranya sebagai tempat perlindungan dari suhu lingkungan, dari bakteri dan mikroba, dan juga sebagai tempat pemantauan kesehatan bayi secara kondusif dan intensif.

# Lampu Fototerapi

Alat ini juga digunakan dalam ruangan tersebut. Fungsinya untuk memantu memeecah kadar bilirubin yang terdapat dalam darah. Lampu fototerapi ini digunakan untuk pasien neonatal (bayi baru lahir) yang mengalami penyakit bayi kuning karena kadar bilirubin yang terdapat dalam darah berlebih. Penyakit ini juga umum diderita oleh bayi prematur karena organ hati yang belum sempurna.

# Alat Penghangat Bayi

Sebagaimana namanya, alat ini disebut dengan infant warmer atau alat penghangat bayi yang baru lahir. Sebagian pasien bayi terkadang mengalami hipotermia atau kehilangan energi yang digunakan untuk menghangatkan tubuhnya dari suhu lingkungan. Sehingga ia perlu dibantu dengan terapi penghangat. Infant warmer umumnya berupa lampu dengan radiasi energi tertentu yang dapat menghangatkan tubuh dalam beberapa waktu. Terapi ini dilakukan hingga bayi kembali normal.

Tentunya tidak hanya alat ini saja yang terdapat di dalam ruangan ini. Masih banyak alat – alat khusus lainnya yang juga berfungsi untuk proses perawatan bayi, khususnya yang membutuhkan. Sekian, semoga ulasan singkat ini bermanfaat !