alat peraga kesehatan

Mengenal Beberapa Macam Alat Peraga Kesehatan

Posted on

Alat Peraga didefinisikan sebagai media atau sarana yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk merangsang minta belajar dan juga memberikan motifasi lebih serta menghilangkan rasa bosan. Namun lebih jauh dari itu, alat peraga juga memiliki tujuan sebagai alat simulasi dimana para pelajar nantinya akan menjalani praktek yang seperti diajarkan sekarang ini. Contohnya adalah dokter, bidan dan juga para perawat.

Ada banyak sekali macam dan jenis alat peraga pendidikan. Salah satunya adalah yang digunakan dalam bidang kesehatan khususnya sekolah – sekolah tinggi ilmu kesehatan. Tentunya ini sangat dibutuhkan. Karena mereka nantinya akan melakukan pekerjaan yang berhubungan langsung dengan tindakan pada pasien. Apabila hanya teori, tanpa praktek, tentu hasilnya sangat tidak maksimal. Oleh sebab itu, dibutuhkan alat bantu untuk praktek para calon bidan, suster dan juga dokter ini.

Contoh Alat Peraga Kesehatan

# Alat Peraga Kesehatan Gigi

Dalam dunia kesehatan, gigi merupakan salah satu organ yang diperhatikan. Mengapa ? Karena organ ini berperan penting dalam proses pencernaan yakni berfungsi untuk menghaluskan makanan sebelum masuk ke dalam lambung. Alat peraga kesehatan gigi meliputi. Alat peraga sikat gigi, model anatomi gigi dan juga tentang model – model penyakit pada gigi. Alat peraga ini tidak hanya digunakan di sekolah tinggi kesehatan namun juga untuk petugas penyuluh kesehatan gigi.

# Phantom Kelahiran

Alat peraga ini memiliki fungsi yang spesifik lagi yakni berupa boneka atau manekin yang berhubungan dengan kelahiran atau proses kelahiran. Alat ini tentunya digunakan untuk praktek para bidan nantinya saat bertugas di rumah sakit atau di puskesmas. Alat ini dibuat dengan sangat baik dalam berbagai macam jenis dan kejadian. Hal ini bertujuan untuk proses pembelajaran calon bidan agar siap menghadapi segala macam kondisi dan situasinya.

# Manekin Peraga CPR

CPR (Cardiopulmonary Resucitator) atau dalam bahasa indonesia sering disebut RJP (Resusitasi Jantung Paru) adalah sebuah tindakan medis yang digunakan untuk mempertahankan aliran darah dalam tubuh dengan cara memberikan kompresi di dada dengan prosedur tertentu. Hal ini dilakuka bagi pasien yang mengalami gangguan jantung. Untuk tugas ini pun tidak bisa kalau hanya teori, oleh sebab itu, dibuatlah sebuah manekin atau boneka peraga untuk kegiatan ini agar calon dokter, bidan dan perawat benar – benar menguasai tindakan ini.

Tentunya masih banyak sekali macam dan jenis alat peraga kesehatan yang ada dan digunakan di berbagai bidang medis. Untuk anda yang kebetulan sedang membutuhkan informasi tentang ini, anda bisa kunjungi toko yang jual alat peraga kesehatan di situs www.alatperagakesehatan.net. Sekian, semoga bermanfaat !