contoh cv

Begini Cara Bikin CV yang Menarik dan Praktis

Posted on

CV adalah salah satu form yang menggambarkan data diri pada seseorang. Ini biasanya digunakan saat penggambaran untuk melamar pekerjaan, beasiswa, dan lain sebagainya. Dalam pembuatan CV terdapat tips dan trik di dalamnya. Dengan menulis CV berarti Anda menuliskan deskripsi gambaran pada diri Anda. Berikut adalah tips atau cara membuat CV semenarik mungkin dan contoh cv menarik.

Mencari Informasi Detail Perusahaan

Cara pertama, Anda harus melakukan research mengenai perusahaan itu. Anda harus mencari info perusahaan yang akan dituju. Lihat bagaimana profil perusahaan tersebut. Usahakan minat dan bakat yang Anda miliki sesuai dengan lowongan dan kriteria dari perusahaan. Tulis CV dan prestasi Anda yang mendukung dengan perusahaan.

Perusahaan yang satu dengan lainnya tentu saja tidak sama. Cara bikin Cv yang menarik juga harus selalu ditulis dengan unsur-unsur yang berhubungan dengan perusahaan yang sedang dituju. Dengan demikian, suatu perusahaan akan tertarik dan merasa Anda adalah orang yang tepat untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut.

Memahami Isi CV

Cara bikin CV yang menarik bukanlah tulisan yang panjang dan terlalu berbelit-belit. Anda harus membuat isi CV semenarik mungkin dengan memahami isi atau point penting yang ada di dalamnya. Tuliskan runtutan CV dengan urut. Ini bertujuan agar pembaca CV bisa paham dan tidak bingung dalam membaca CV yang sudah Anda buat.

Secara umum urutan CV antara lain identitas diri, pendidikan, personalitas, keterampilan, proyek dan pengalaman kerja, training, dan informasi menarik yang lain pada diri sendiri. Anda harus mengemasnya dengan menarik dan tepat pada point yang ingin disampaikan.

Menganalisa CV yang sudah dibuat

Ketika CV sudah berhasil dibuat selanjutnya Anda harus menganalisa apa yang telah ditulis di dalamnya. Anda juga harus memperhatikan layout yang ada. Semua unsur di dalam CV harus dipertimbangkan dianalisa dengan baik. Ini bertujuan agar CV bisa lebih ringkas, padat, dan lebih menginformasi. Gunakan template cv yang menarik agar terlihat unik dari yang lain.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara bikin CV yang menarik. Sebenarnya membuat CV itu tidak mudah. Namun, tidak banyak orang yang berhasil membuat CV yang menarik dan informatif. Perhatikan cara yang sudah dijelaskan diatas. Dengan menulis CV dengan analisa yang benar pasti akan membuat curriculum vitae tersebut bisa diterima oleh pembaca dengan baik.