Biar Tak Salah Pilih, Yuk Intip 8 Tips Memilih Jasa Arsitek yang Tepat Disini

Biar Tak Salah Pilih, Yuk Intip 8 Tips Memilih Jasa Arsitek yang Tepat Disini

Posted on

Untuk bisa mewujudkan hunian yang nyaman, indah, memiliki nilai jual tinggi, serta tahan lama maka Anda membutuhkan bantuan jasa seorang arsitek. Sebab, terlalu berisiko saat membangun rumah yang didesain dan dikerjakan sendiri tanpa bantuan profesional. Saat memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek rumah, maka masalah yang dihadapi adalah memilih jasa arsitek yang tepat. Berikut 8 tips memilih perusahaan jasa arsitek yang tepat.

8 Tips Jitu Memilih Perusahaan Jasa Arsitek Rumah yang Tepat

Memiliki Brand dan Alamat yang Jelas

Sebelum salah pilih arsitek di luaran sana, maka pastikan terlebih dahulu apakah firma arsitek tersebut telah memiliki brand atau tidak. Hal ini karena, biasanya arsitek yang profesional dan berpengalaman selalu memiliki brand sendiri sebagai identitas. Baik itu arsitek freelance maupun arsitek yang memiliki badan usaha. Oleh karena itu agar tidak salah memilih, pastikan arsitek yang telah diincar memiliki brand.

Selain memastikan memiliki brand tersendiri, pastikan juga bahwa arsitek tersebut memiliki alamat kantor yang jelas. Meskipun ia seorang arsitek fleelance setidaknya pastikan jika ia memiliki alamat tinggal yang jelas. Saat mencari referensi jasa desain atau arsitek di internet, pastikan jika terdapat alamat kantor yang dilampirkan pada website firma tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memilih jasa arsitek rumah yang tepat.

Lihat Portofolio Arsitek

Saat memilih perusahaan jasa desain arsitek rumah ada baiknya untuk melihat pada portofolio. Umumnya arsitek yang handal dan profesional pasti memiliki portofolio. Semakin banyak portofolio yang dimiliki oleh sebuah perusahaan jasa, maka semakin berpengalaman pula kancah arsitek tersebut di dunia desain arsitektur. Dari adanya portofolio Anda akan bisa menentukan kualitas dan kuantitas.

Perlu diketahui bahwa arsitek yang profesional biasanya memiliki kualitas gambar yang sangat baik, sehingga terlihat tidak murahan. Gambar rancangan rumah yang dibuat, terlihat halus dan mirip dengan aslinya. Selain itu, pilihlah perusahaan yang menghasilkan gambar desain yang tidak ada ditorsi, serta memiliki tampilan mobil dan pohon yang terlihat begitu hidup dan natural.

Lihat kepribadian Sang Arsitek

Dalam memilih arsitek yang tepat ada baiknya tidak hanya melihat pada gambar desain yang dihasilkan, tetapi juga perlu untuk mengenal karakter dari pribadi arsitek tersebut. oleh karena itu, ada baiknya menemui arsitek yang ingin diajak bekerjasama secara langsung agar bisa mengenali kepribadian individu tersebut. perhatikan apa ia orang yang supel, harmonis, serius, kaku, atau kepribadian yang lainnya.

Dalam memilih jasa arsitek rumah, ada baiknya pilih arsitek yang memiliki kepribadian sama dengan Anda. hal tersebut sangat penting untuk dilakukan, mengingat Anda dan arsitek tersebut tidak hanya berhubungan 1 hingga 2 hari saja. Tetapi juga berbulan bulan hingga proyek pembangunan rumah selesai dikerjakan. Jika belum ada kesempatan bertemu langsung, maka bisa mencari tahu melalui akun media sosialnya.

Kenali Karakter Desain yang Dihasilkan

Masing masing arsitek yang berkarir di kancah dunia desain arsitektur, biasanya memiliki gaya khas atau karakteristik yang menjadi trade mark desain miliknya. Dengan adanya karakter desain tersebut, maka perlu mengenali masing masing gaya dari arsitek yang akan diajak kerjasama. Dengan begitu, Anda bisa menentukan arsitek mana yang memiliki gaya desain yang paling sesuai keinginan.

Misalnya saja ketika ingin membuat sebuah rumah dengan desain arsitektur modern minimalis, maka sebaiknya jangan memilih jasa arsitek yang memiliki portofolio yang terlalu banyak mengerjakan proyek membuat rumah klasik. Hal ini dikarenakan semakin dekat karakter desain rumah yang tepat, maka kemungkinan memiliki rumah impian akan terwujud.

Memberikan Respon yang Cepat

Seperti yang diketahui, bahwa pelayanan merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah perusahaan. Termasuk juga perusahaan jasa yang bergerak di bidang arsitektur. Umumnya arsitek yang profesional akan memberikan pelayanan yang profesional dan terbaik. contohnya saja dalam memberikan tanggapan atau respon dalam waktu yang bisa dibilang cukup cepat.

Saat menghubungi seorang arsitek melalui email atau messager, maka pastikan jika orang tersebut membalas pesan dalam kurun waktu 1 x 24 jam. Jika arsitek tersebut membalas lebih dari satu hari, apalagi hingga 3 sampai 7 hari maka perlu mempertanyakan alasan yang jelas. Namun jika tidak ada balasan, ada baiknya untuk tidak memilih perusahaan jasa desain arsitek rumah tersebut.

Cari Testimoni

Cara paling mudah untuk bisa memilih jasa arsitektur yang tepat yakni dengan menggunakan testimoni yang diberikan oleh orang orang yang sebelumnya telah menggunakan firma tersebut. Firma arsitek yang profesional dan berpengalaman pasti akan mendapatkan penilaian yang positif dari orang orang yang pernah menggunakan jasanya. Jika arsitek yang Anda temukan mendapatkan testimoni yang kurang baik, maka ada baiknya cari firma yang lain.

Biasanya firma arsitek yang sudah profesional akan memiliki situs resmi. Dan di dalam situs tersebut akan menampilkan beberapa testimoni yang diberikan oleh klien yang sudah pernah bekerja sama. seperti perusahaan Jasa Arsitek Jakarta, yang mencantumkan banyak testimoni dari klien yang pernah bekerjasama di website resmi mereka di http://jasaarsitekjakarta.com.

Tanyakan Cara Kerja dan Upah Arsitek

Setelah melakukan riset dari berbagai perusahaan jasa desain arsitek yang direkomendasikan dan sudah memilih firma yang tepat, maka di pertemuan pertama sebaiknya segera tanyakan cara kerja firma mereka. Pasalnya setiap arsitek akan memiliki gaya kerja yang berbeda beda. Ada baiknya untuk menanyakan secara mendetail cara kerjanya step by step.

Selain menanyakan tentang cara kerja, juga perlu menanyakan tentang sistem pembayaran jasa firma tersebut. hal ini berguna pada saat proyek pembangunan rumah dimulai, Anda dan juga sang arsitek setidaknya telah mengetahui risiko yang kemungkinan bisa terjadi. Dengan mengetahui upah yang perlu dibayarkan, maka klien bisa menentukan budget yang harus dipersiapkan.

Memiliki Surat Perjanjian Kerja yang Tertulis.

Tips memilih jasa arsitek yang tepat selanjutnya yakni pilih firma yang menunjukkan Surat Perjanjian Kerja yang tertulis. Suatu perusahaan atau firma yang baik akan memberikan Surat Perjanjian Kerja kepada setiap kliennya. Dimana surat perjanjian tersebut akan membantu dan membela klien apabila terjadi suatu hal, baik itu saat konsultasi maupun di kemudian hari.

Secara garis besar, surat tersebut berisi persetujuan kedua belah pihak bahwa arsitek akan mendapatkan upah sesuai haknya dan seorang klien selaku pemilik rumah yang dibangun akan mendapatkan pelayanan juga kualitas bangunan yang baik. Tidak hanya itu, Surat Perjanjian Kerja juga akan menjamin bahwa arsitek tidak akan meninggalkan tanggung jawabnya sebelum proyek selesai dikerjakan.

Itulah 8 tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih firma arsitektur rumah. Dimana bisa mendapatkan firma arsitek yang tepat? Silahkan kunjungi http://jasaarsitekjakarta.com, sebuah firma arsitek dengan banyak portofolio dan telah dipercaya untuk mengerjakan banyak proyek pembangunan mulai dari rumah, villa, hingga konsultan arsitek hotel. Jangan khawatir dengan biaya, Jasa Arsitek Jakarta bisa mengelola budget sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.