3 Jenis Jahe yang Ada di Indonesia

Posted on

Jenis Jahe yang Ada di Indonesia – Salah satu rempah yang banyak terdapat di Indonesia adalah jahe. Ada 3 jenis jahe Indonesia yang masing-masing karakteristiknya berbeda. Setiap tanaman jahe ini memiliki bentuk, rasa, keunggulan, dan cara budidaya tersendiri. Umumnya, bahan tambahan makanan ini menjadi bagian dari bumbu dapur atau diolah menjadi jamu.

Jenis Jahe yang Ada di Indonesia

3 Jenis Rimpang Jahe Yang Ada di Indonesia

  1. Jahe gajah

Sesuai dengan namanya, jahe ini memliki bentuk yang sangat besar. Warna jahe ini putih dengan panjang 13 cm hingga 21 cm. Setiap ruas pada rimpangnya besar-besar dengan bentuk menggembung dan gemuk. Namun ukuran daun pada jahe ini tergolong kecil dibanding lainnya yakni hanya sekitar 18 cm saja. Rasa dan aromanya kurang pedas dan tajam sehingga cocok untuk bumbu dapur.

  1. Jahe emprit

Nama lain dari jahe emprit adalah jahe putih kecil. Panjang jahe sekitar 20 cm dengan ukuran rimpang yang kecil. Warna jahe ini putih dengan ruasnya yang rata. Daun-daunnya tersusun rapat dengan panjang sekitar 20 cm. Ciri khas dari jahe emprit adalah rasanya yang pedas dan aromanya yang tajam. Banyak jamu kering yang memanfaatkan jahe ini sebagai bahan utamanya. Untuk mendapatkan jenis ini, bisa datang langsung ke budidaya jahe merah yang lokasinya di area kota jogja.

  1. Jahe sunti

Jenis jahe yang satu ini lebih dikenal dengan nama jahe merah. Panjang dan diameter jahe ini sangat besar dengan warna merah. Rimpangnya berukuran kecil dengan ruas yang rata. Dan agak menggembung. Selain daunnya yang tersusun longgar, tanaman jahe jenis ini juga memiliki panjang daun yang lebih panjang dari dua varietas lainnya.

Berdasarkan khasiatnya, jahe sunti lebih populer sebagai tanaman berkhasiat dibandingkan jenis gajah dan emprit. Selain aromanya, rasa pedasnya juga sangat tajam. Jika diolah menjadi jenis minuman umumnya perlu dicampur dengan kremer atau air gula merah. Dari segi harga, jahe jenis sunti lebih mahal karena produksi per hektarnya yang jauh lebih sedikit.

Secara umum, khasiat yang dihasilkan oleh tanaman jahe adalah sama. Namun jika Anda tengah berupaya dalam membangun usaha tanaman ini, maka jenis jahe Indonesia perlu diketahui. Masing-masing jahe memiliki hasil produksi yang berbeda dalam luasan yang sama. Meski begitu, ketiganya selalu banyak dicari konsumen di pasaran.