Daftar Syarat Nikah Lagi Setelah Cerai

Posted on

Sebgaian orang masih bingung tentang syarat apa saja yang harus disiapkan ketika akan menikah lagi setelah bercerai. Artikel ini akan menjelaskan syarat nikah lagi setelah cerai.

Menikah merupakan sesuatu hal yang sakral karena titik menyatukan antara dua keluarga besar dalam sebuah ikatan. Sebagai suatu ibadah terpanjang, tak heran jika dalam mengarungi bahtera tersebut terkadang banyak sekali rintangan dan halauan yang mendera. Namun, kembali pada komitmen sebelum memutuskan untuk menikah, maka bagi orang yang menjaganya tentu akan terhindar. Berbeda dengan seseorang yang mudah goyah pendiriannya, jalan terkahir yang diambil tentu adalah sebuah perceraian. Ketika Anda akan menikah kembali dengan mantan isteri (rujuk) maka terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut akan dijelaskan mengenai syarat nikah lagi setelah cerai.

Syarat Nikah Lagi Setelah Cerai Yang Harus Dipenuhi

Tak jauh berbeda dengan pernikahan sebelumnya, terdapat dokumen pendukung yang harus dipenuhi ketika akan menikah kembali. Menikah kembali disini terdapat dua definisi yakni rujuk (kembali dengan mantan isteri/ suami) dan menikah dengan orang lain. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa syarat nikah lagi setelah cerai baik dari sisi agama maupun teknis dokumen untuk kedua jenis pernikahan yang sudah disebutkan sebelumnya. Selengkapnya silakan simak penjelasan lengkapnya berikut ini. Tentunya, ini juga berlaku buat syarat nikah duda janda.

1.      Istri Harus Menikah Lagi Sebelum Kembali Pada Suami

Bagi Anda yang beragam Islam tentu sudah tidak asing lagi dengan peraturan tersebut. Ketika Anda melakukan talak pada istri Anda maka jelas status Anda dengan istri sudah resmi bercerai dalam agama. Untuk bisa rujuk kembali, maka Anda harus melakukan pernikahan kembali di depan penghulu dengan disaksikan para saksi.

Namun perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda telah melakukan talak 3 maka ketika Anda akan kembali pada mantan isteri tidak bisa serta merta langsung dalam suatu pernikahan. Istri Anda harus setidaknya menikah terlebih dahulu, ketika keduanya berpisah baru Anda dan mantan isteri bisa melangsungkan pernikahan kembali.

2.      Penyerahan Akta Cerai Asli ke KUA

Selain hal agama tersebut, terdapat syarat nikah lagi setelah cerai yang harus dipenuhi. Hal ini berkaitan dengan dokumen akta cerai di pernikahan sebelumnya. Anda diharuskan untuk melampirkan berkas akta cerai asli di KUA ketika mendaftarkan pernikahan. Selain bentuk legalitas, dokumen tersebut juga berguna untuk mengurangi tingkat pemalsuan dokumen pernikahan khususnya buku nikah.

3.      Penyerahan Surat Keterangan kematian Bagi Janda/ Duda

Syarat nikah ulang setelah cerai selanjutnya berlaku bagi Anda yang sebelumnya mengalami cerai mati. Untuk jenis  perceraian ini Anda harus melampirkan dokumen pendukung berupa surat keterangan kematian. Dokumen tersebut dilampirkan bersama dengan berkas pengajuan pernikahan di KUA setempat.

Nah itu dia penjelasan rinci mengenai beberapa syarat nikah lagi setelah cerai yang harus Anda penuhi. Bisa jadi untuk saat ini terdapat berkas atau syarat pendukung lainnya yang harus dilampirkan. Untuk itu silakan Anda update informasi tersebut dari sumber lain yang relevan. Semoga bermanfaat.