Cara Untuk Membuat Es Cepat Beku

Posted on

Jual Mesin Usaha – Cara mempercepat es batu membeku dengan membuat es batu dari air mendidih memang perlu dicoba jika Anda ingin membuat es batu secara lebih cepat. Namun, Bacaterus juga ingin menambahkan beberapa tips agar proses pembekukan es batu jadi lebih cepat.

Set Suhu Terendah Lemari Es

Jika ingin membekukan es batu secara lebih cepat, Anda harus memastikan bahwa suhu lemari es Anda cukup rendah. Atur suhu lemari es di titik yang paling rendah agar udara di dalam lemari es, khususnya freezer, jadi lebih dingin. Semakin rendah suhunya, maka air panas yang berada di dalam ice tray juga jadi lebih cepat membeku.

Jangan Membuka Tutup Lemari Es

Ketika proses pembuatan es batu sedang berlangsung, jangan membuka-tutup lemari es terlalu sering. Hal tersebut dapat membuat es batu Anda lebih lama membeku. Pasalnya, suhu dari luar lemari es yang masuk saat pintunya dibuka akan mengurangi hawa dingin di dalam lemari es. Jadi, buka-tutup satu kali saja untuk mengecek apakah es batu Anda sudah jadi atau belum.

Gunakan Ice Tray dari Stainless

Seperti yang kita ketahui, ice tray bawaan dari lemari es biasanya terbuat dari plastik yang cukup tebal. Nah, bila Anda ingin membekukan es batu secara lebih cepat, gunakan ice tray yang terbuat dari stainless karena material tersebut dapat menghantarkan suhu panas maupun dingin secara lebih cepat dibanding plastik.

Kendala dalam menyimpan es batu adalah mudah mencair jika cara penyimpanannya tidak benar. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara membuat es batu tahan lama sehingga tidak mudah mencair. Berikut adalah cara untuk membuat es batu tidak cepat mencair.

Gunakan Wadah Berwarna Terang

Apakah Anda terbiasa menyimpan es batu atau minuman dingin di dalam wadah seperti ice box? Jika ya, pilih wadah yang berwarna terang, seperti kuning, orange, dan merah. Mengapa? Karena warna terang menyerap panas lebih sedikit sehingga es batu di dalamnya tidak mudah mencair.

Lapisi Wadah Penyimpanan dengan Aluminium Foil

Tata sayuran sesuai dengan jenisnya10 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tidak Cepat Busuk

Cara Menyimpan CakeCara Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tidak Cepat Basi

Isi Kulkas Sesuai Kapasitas9 Cara Merawat Kulkas Agar Lebih Awet dan Hemat Energi

Biasanya aluminium foil dipakai untuk memanggang makanan. Akan tetapi, kertas pelapis dari aluminium ini ternyata bisa dipakai untuk menjaga es batu agar tetap beku. Lapisi saja ice box dengan aluminium foil untuk mencegah es batu Anda mencair.

Bungkus Wadah Penyimpanan dengan Handuk

Ice box memang dirancang kedap udara agar es batu di dalamnya tidak mudah mencair. Namun, jika Anda ingin membuat es batu di dalam ice box tetap beku lebih lama, bungkus ice box dengan handuk.

Simpan di Ruangan yang Sejuk

Kesalahan yang sering dilakukan saat menyimpan es batu adalah Anda meletakkan ice box di bawah sinar matahari yang terik. Memang benar jika ice box dirancang agar tahan terhadap suhu di sekitarnya. Tapi alangkah lebih baiknya jika Anda meletakkan ice box di tempat yang sejuk, seperti ruangan ber-AC. Tempat yang sejuk akan menjaga es batu di dalam wadah penyimpanan tetap beku selama beberapa jam.

Itulah serba-serbi cara mempercepat es batu membeku dan tips menyimpan es batu agar tidak mudah mencair. Cara ini bisa Anda pakai ketika Anda sedang membutuhkan es batu dalam jumlah banyak. Membuat es batu sendiri memang dijamin lebih bersih dan higienis dibanding membelinya di tempat lain.