berbagai kegunaan pernagkat elektronik
berbagai kegunaan pernagkat elektronik

12 Jenis Dioda pada Receiver dan Transmiter

Posted on

12 jenis Dioda pada Receiver dan Transmiter – Perkembangan teknologi terus memaksa manusia untuk berinovasi. Hal ini didukung dengan teori perkembangan jaman yang dicetuskan oleh berbagai pakar. Semakin canggih jaman maka semakin berkembang pula dioda yang digunakan pada komponen elektronik. Hingga tahun ini kita bisa menemukan dioda dengan berbagai bentuk, ukuran dan fungsiyang berbeda beda. Nah sebelum kita mulai pembahasan soal jenis dioda, ada baiknya kita memahami pengertian dari komponen elektronik yang satu ini.

berbagai kegunaan pernagkat elektronik
berbagai kegunaan pernagkat elektronik

Dioda merupakan komponen elektronik yang bersifat semikonduktor. Maksudnya adalah bisa menghantarkan arus listrik dan bisa juga tidak, dengan demikian kita bisa mengontrol aliran listrik. Fungsi utama dioda adalah untuk menghantarkan aliran listrik ketika terjadi bias maju, dan menghentikan aliran ketika ada bias terbalik. Nah pembiasan sendiri terjadi ketika katoda dialiri arus listrik dan dilanjutkan menuju ke dioda.

12 Jenis Dioda pada Receiver dan Transmiter

Dalam pembahasan teks eksplanasi kali ini kita kan membandingkan lebih dalam tentang berbagai jenis serta fungsi dioda pada alat elektronik. Pada mulanya kita hanya mengenal transistor sebagai alat penghambat arus listrik. Namun seiring berjalannya waktu ditemukanlah alat lain pada tahun 1980an. Alat inilah yang akhirnya diberi nama dioda dan mampu mengatur keluar masuknya arus listrik.

Hingga saat ini penggunaan dioda bisa kita jumpai dengan mudahnya. Industri elektronika pun juga terus meningkatkan fungsi dioda sebagai bentuk totalitas mereka. Nah kita akan melihat apa saja sih fungsi dioda? selain itu kita juga akan mengetahui berbagai bentuk serta jenis dioda yang digunakan oleh masyarakat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak materi singkat di bawah ini.

Dioda biasa

Tidak semua orang mengerti apa fungsi dan bentuk dioda biasa. Padahal penggunaan komponen ini sudah sangat lumrah dan bnayk ditemukan di berbagai alat listrik. Simbol dioda biasanya adalah garis dengan segitiga menghadap kanan di tengahnya. Nah gambar tersebut ternyata juga memiliki filosofi yang bisa dijelaskan.

Pada gambar segitiga melambangkan aliran arus listrik, sedangkan gambar garis lurus melambangkan listrik dengan muatan terbalik tidak bisa melewati dioda. Penggunaan dioda biasa banyak ditemukan dalam peralatan rumah tangga yang menggunakan saklar. Misalnya saja saklar lampu, sebagia penyearah daya listrik, dan lain sebagainya bisa kita tmeukan sendiri nanti di rumah.

Dioda bride

Dioda jenis ini sebenarnya memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan jenis dioda lainnya. Hanya saja penggunaan dioda bridge memang sangat jarang ditemukan dalam kehidupan sehari hari kita. Mengapa demikian? karena peruntukan alat ini dikhususkan untuk industrialisasi saja. Dalam berbagai contoh teks eksplanasi pun sudah saya paparkan tentang fungsi dan manfaat penggunaan dioda jenis ini.

Dioda bridge memiliki susunan sirkuit yang agak rumit dan berbeda dengan jenis lainnya. Namun susunan tersebut sudah ditata sedemikian rupa dan menimbulkan kesan rapi. Sehingga kita hanya perlu memasangkannya saja pada perangkat elektronik. Bisa dibilang alat ini merupakan komponen dioda plug and play. Dengan kemudahan tersebut tidak heran jika jenis dioda bridge sering dijarikan alat ukur untuk membuat berbagai barang elektronik.

Nah itulah sedikit artikel singkat contoh teks eksplanasi kali ini. Sebenarnya dalam memahami penggunaan dioda sangatlah mudah mengingat perangkat ini sudah banyak bertebaran. Kita pun bisa membeli komponen satu ini di toko elektronik di kota kita. Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca review tentang teks eksplanasi diatas, selalu dukung saya dengan menyertakan email dalam kolom subscribe.