Perbedaan Bordir Manual, Mesin Bordir, dan Bordir Komputer

Posted on

Kain atau pakaian polos tanpa hiasan akan terlihat mengganjal. Begitu juga dengan seragam atau produk tanpa logo maupun brand yang menempel, maka orang juga sulit untuk mengenalnya. Oleh sebab itu, anda membutuh suatu hal yang dapat anda gunakan baik sebagai hiasan maupun identitas instansi atau brand.

Salah satu solusinya anda bisa menerapkan bordir pada kain atau pakaian. Selain terlihat menarik juga lebih tahan lama. Dalam pembuatannya, bordir terbagi menjadi tiga jenis yaitu bordir manual, mesin bordir, dan bordir komputer. Apa saja perbedaannya dari ketiga jenis tersebut? Simaklah perbedaannya melalui ulasan singkat berikut ini.

Perbedaan Bordir Manual, Mesin Bordir, dan Bordir Komputer

Bordir dapat diartikan sebagai keindahan yang dihasilkan dari menyulam benang. Seiring dengan perkembangan jaman ddan minat, bordir tidak hanya menyulam dengan tangan, tapi juga menggunakan mesin bahkan komputer. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan tentang perbedaan bordir manual, mesin bordir, dan bordir komputer di bawah ini.

  1. Bordir Manual

Apakah anda tahu tentang menyulam? Yaaah menghias kain menggunakan benang dengan teknik tertentu sehingga menghasilkan gambar atau ilustrasi pada kain tersebut. Begitu juga halnya dengan bordi manual. Dalam proses membuat hiasan bordir dilakukan menggunakan tangan. Alat bantunya hanya jarum dan papan penyangga kain.

Dalam praktiknya, bordir manual harus membutuhkan skill khusus, ketelitian, kesulitan, dan kecermatan. Oleh sebab itu, harganya sangat mahal namun anda bisa mendapatkan produk yang limited edition. Tapi, bordir manual akan sulit untuk produksi dalam jumlah banyak. Terutama dalam masalah waktu dan keseragaman hasil.

  1. Mesin Bordir

Tentunya mesin bordir lebih maju dibandingkan dengan bordir manual, karena telah dibantu dengan mesin dalam pengerjaannya. Mesin bordir memiliki bentuk kurang lebih sama dengan mesin jahit pada umumnya. Hanya saja ini dikhususkan untuk membordir dan kerjanya juga membutuhkan tenaga listrik. Oleh sebab itu mesin ini memiliki tusukan jarum yang lebih leluasa dan dapat bergerak ke segala arah. Dengan adanya keleluasaan tusukan dan loncatan jarum, maka tangan pembordir dapat dengan leluasa menggerakkan kain sesuai dengan tusukan yang diinginkan. Walaupun menggunakan mesin, dalam prosesnya tetap membutuhkan ketelitian dan skill pembordir. Sehingga masih terbatas untu bordiran yang banyak.

  1. Bordir Komputer

Alat bordir yang ini sangat maju dibandingkan dengan bordir manual ataupun mesin bordir. Karena terdapat perpaduan mesin bordir dengan softwar dalam proses produksinya. Atau dapat dikatakan bordir komputer dikerjakan dengan komputerisasi dengan proses pemrograman pada desain atau gambar yang akan dibordir. Dalam praktiknya, tetap membutuhkan benang sebagai media dalam menyulam gambar.

Bordir komputer menjadi bukti kemajuan dalam dunia fashion dan sangat memudahkan dalam membordir. Anda hanya cukup mengatur gambar sesuai dengan yang diinginkan di dalam komputer, kemudian mesin akan memulai untuk menghias kain. Anda tidak perlu mengkhawatirkan kinerja jasa bordir komputer. Karena mampu menghasilkan bordiran yang rapi dan seragam dalam jumlah banyak. Bahkan semakin banyak jumlah bordiran, maka akan semakin sedikit anda mengeluarkan biaya.

Itulah perbedaan bordir manual, mesin bordir, dan bordir komputer. Anda dapat memilih jasa bordir sesuai dengan kebutuhan. Jika anda menginginkan dalam jumlah banyak, maka jas bordir komputer sangat sesuai dan cocok dengan keinginan anda. Jika Anda tidak memerlukan dalam jumlah banyak, opsi lain bisa digunakan. Semoga ulasan ini berguna bagi Anda.

jasa bordir komputer jakarta