Cara Mengelola Sampah Rumahan

Posted on

Bagaimana cara mengelola sampah yang benar agar tidak menimbulkan tumpukan sampah yang berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Ini dia informasinya.

Perlu diketahui sampah sebagai material yang dianggap tidak berguna ternyata ketika tidak dikelola dengan baik akan berdampak buruk bagi lingkungan maupun kesehatan.

Dengan demikian maka ketahuilah cara mengelola sampah yang tepat agar tidak mengakibatkan adanya pencemaran lingkungan.

Mengelola sampah tidak berarti bagaimana cara membuangnya kedalam bak sampah fiberglass saja, tetapi juga tahu bagaimana membuang sampah yang benar dari proses pengangkutan, pengumpulan sampah yang bisa didaur ulang kemudian menjadi produk yang bernilai jual tinggi.

Cara Mengolah Sampah Rumahan

Bagaimana cara mengolah sampah menjadi produk kerajinan yang lebih bernilai? Yuk ketahui seputar penjelasannya di bawah ini.

  1. Memisahkan Sampah Organik dan Anorganik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam mengelola sampah yaitu pisahkan terlebih dahulu antaracara mengolah sampah organik dan anorganik. Jika sampah organik yang bisa terurai dengan sendirinya dalam waktu lama kelamaan.

Sedangkan anorganik sampah yang tidak bisa terurai, tetapi bisa diubah menjadi produk daur ulang yang lebih bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Pilih Jenis Sampah Anorganik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sampah anorganik yaitu jenis sampah yang bisa didaur ulang. Contohnya, sampah botol, sampah plastik, kardus, dan lainnya. Ketahuilah bahwa kesemua jenis sampah tersebut memang dapat di daur ulang menjadi sebuah kerajinan.

Contoh cara mengelola sampah, sekarang ini banyak kerajinan tas dari plastik, dan hiasan pernak-pernik yang terbbuat dari jenis plastik bekas bungkus makanan. Hal tersebut merupakan salah satu contoh penggunaan sampah menjadi produk yang berguna.

  1. Meminimalisir Sampah

Untuk cara mengolah sampah anorganik rumahan maka Anda sebaiknya memang meminimalisir penggunaan sampah. Jika, biasanya berpergian membeli sesuatu menggunakan kantong plastik maka sebaiknya membawa tas sendiri sehingga tidak akan menimbulkan adanya penggunaan sampah yang berlebihan.

Jika, diri Anda sendiri sudah mampu meminimalkan penggunaan sampah di rumah pastinya juga akan lebih mudah mengelola sampah dengan baik dibedakan dari sampah organik dan anorganik.

Kesimpulannya cara mengolah sampah memang sangatlah mudah bukan? untuk menghindari pencemaran lingkungan maka sebaiknya Anda meminimalir penggunaan sampah yang berdampak buruk, bahkan bisa menimbulkan adanya penyakit.