myfriendlypets.com

Dampak Buruk Bulu Kucing Bagi Kesehatan, Bisa Menimbulkan Penyakit

Posted on

Bulu kucing ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Walaupun menjadi hewan peliharaan favorit bagi banyak orang, ternyata bahaya bulu kucing perlu diwaspadai agar bisa meminimalisir risiko kesehatan yang terjadi.

Walaupun bukanlah penyebab utama dari penyakit yang menular, bulu kucing biasanya biasa diempeli oleh bakteri dan parasit penyebab penyakit. Hal ini bisa terjadi saat kucing bermain di lingkungan yang kotor.

myfriendlypets.com

Dampak buruk bulu kucing bagi kesehatan bisa menimbulkan penyakit. Walaupun penampilan bulu kucing indah, kamu patut waspada dan selalu menjaga kebersihan saat berinteraksi dengan kucing. Ibu hamil dan orang yang menderita penyakit autoimun bahkan lebih berisiko terhadap efek bulu kucing.

Kurap

Dampak buruk bulu kucing bagi kesehatan yang pertama adalah bisa menimbulkan kurap. Kurap merupakan suatu jenis infeksi jamur pada kulit yang salah satunya dapat ditularkan oleh kucing. Penularannya bisa terjadi saat seseorang membelai kucing. Jadi, sangat penting untuk menjaga kebersihan saat berinteraksi dengan kucing.

Reaksi Alergi

Dampak buruk bulu kucing selanjutnya tentu sudah banyak diketahui, yaitu menyebabkan reaksi alergi. Sebenarnya bukan bulu kucing yang secara langsung memicu reaksi alergi, melainkan serpihan kulit, air ludah, dan urin hewan tersebut. Namun, ketika kucing menjilat dirinya, bulunya pun akan ikut terkena air ludah tersebut.

Beberapa reaksi alergi seperti mata gatal, bersin, pilek, dan peradangan pada sinus dapat terjadi. Reaksi alergi ini merupakan rinitis alergi yang tampak seperti gejala flu. Selain itu, bulu kucing dapat memicu serangan asma akibat reaksi alergi.