kolestrol tinggi

Muda dan Kurus tidak menjadi jaminan terbebas kolesterol

Posted on

Selama ini banyak anggapan salah yang beredar di masyakat bahwa penyakit kolesterol hanya akan menyerang yang memiliki usia lanjut dan berat badan berlebih. Pandangan ini benar namun tidak sepenuhnya benar karena saat ini penyakit kolesterol bisa menyerang siapa saja baik yang masih usia muda maupun yang memiliki berat badan tidak berlebih. Walaupun belum banyak namun hinggapnya kolesterol pada penderita usia muda dan tidak memiliki berat badan berlebih bisa terjadi karena beberapa faktor.

kolestrol tinggi

Faktor adanya penyakit kolesterol pada usia muda dan kurus seperti pola makan yang tidak sehat, pola tidur yang tidak teratur dan tingkat stress yang tinggi. Ketiga kebiasaan buruk inilah yang dapat menyebabkan kolesterol menjadi tinggi sehingga dapat memicu timbulkan kolesterol dan penyakit lainnya. Kolesterol sebenarnya  memiliki fungsi yang baik yakni bisa memproduksi berbagai macam hormon serta vitamin D, berbagai macam fungsi ini akan membentuk sel-sel baru yang bisa berfungsi dengan normal. sementara Asam empedu dan hormon dapat mencerna lemak yang masuk dalam tubuh dalam dara.

Kolesterol akan bahwa protein yang disebut dengan lipoprotein yakni dua jenis lipoprotein yaitu lemak yang memiliki kepadatan rendah dan lemak kepadatan tinggi yang disebut-sebut HDL, LDL biasa disebut juga dengan kolesterol jahat karena akan menyebabkan berbagai macam penyakit yang datang pada tubuh sementara untuk HDL adalah kolesterol yang baik yang sangat berguna untuk tubuh. Tugas LDL mengangkut kolesterol dari hatiku sel yang membutuhkan, jumlah kolesterol ini tidak boleh melebihi kebutuhan jika melebihi kebutuhan maka akan menempel dinding Arteri dan akan melakukan penyumbatan.

Hal inilah yang menyebabkan berbagai gangguan yang disebabkan oleh tingkat kolesterol LDL yang tinggi, sementara fungsi HDL adalah membawa kembali kolesterol yang sudah disebarkan LDL ke dalam hati, hati kemudian akan diproses untuk kemudian dihancurkan dan dikeluarkan. Mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat adalah salah satu faktor utama dalam mencegah kolesterol, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, roti gandum adalah makanan-makanan yang baik untuk menjaga kolesterol baik tetap terpelihara dalam tubuh.

Menghindari merokok juga akan mempermudah dalam pencegahan penyakit kolesterol ini, perlu diperhatikan ketika ingin mengobati penyakit  ini maka perlu untuk melakukan pengecekan rutin ke dokter. Dokter nanti akan mengecek kadar kolesterol dan memberikan pengobatan seperti statin.

Itulah berapa beberapa kondisi dan masalah kolesterol yang bisa hinggap kepada siapa saja tidak terkecuali orang yang memiliki berat badan yang ideal atau kurus karena kolesterol tidak berhubungan dengan berat badan namun berhubungan dengan kandungan LDL yang tinggi dalam darah. Untuk mengatasi kolestrol bisa dengan menggunakan minyak herbal.