5 Tips Berkendara Sepeda Motor saat Musim Hujan

Posted on

Sebagian besar pengendara sepeda motor akan mengurungkan niat untuk melajukan kendaraannya ketika tiba hujan turun. Apalagi ketika hujan turun sangat lebat dan berkabut.


Daripada mengejar waktu, alangkah lebih baiknya menunggu sampai hujan reda.
Ada juga pengendara lain yang memilih untuk menerabas hujan, alasanya bisa bermacam-macam entah itu buru-buru sedang mengejar waktu.

Selalu tetap berhati-hati, dan berikut ada 5 tips dalam berkendara dengan sepeda motor ketika hujan tiba.

1. Kalian sebaiknya memiliki pakaian yang cukup pas ketika hujan turun.

Ada baiknya kalian menggunakan jas hujan, atau bisa ditambah jaket, sepatu boot, dan juga sarung tangan.

Dan jangan pernah menggunakan jas hujan jenis ponco, Karena khawatir dapat menyebabkan terlilit roda motor atau rantai motor. Dan dipastikan juga pakaian yang digunakan ini anti air dan bisa memberikan kehangatan bagi badan kalian. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti yang dapat menghangatkan tubuh setelah kita hujan-hujanan

2. Mengemudikan kendaraan dengan hati-hati

Kurangi dan jangan pernah kebut-kebutan dalam mengemudikan sepeda motor ketika hujan turun dan ketika kita berada di kondisi yang sangat kurang ideal, sebab jalanan menjadi licin ketika diguyur hujan.

3. Selalu berhati-hati di persimpangan jalan

Ketika berada di persimpangan jalan, selalu ada saja mobil yang mengeluarkan cairan, contohnya oli. Inilah yang mana penyebab atau membuat persimpangan jalan menjadi lebih licin ketika turun hujan.
Kalian juga sebaiknya untuk mengurangi kecepatan dalam berkendara ketika sedang berada di persimpangan jalan, Tujuan tersebut, supaya kamu tidak kaget atau terkejut ketika adanya mobil yang berhenti di depan anda secara mendadak.

4. Waspada genangan dan trotoar

Ketika musim hujan datang, kebanyakan pengendara sepeda motor tertipu dengan genangan air, padahal itu adalah got atau saluran air. gadai bpkb mobil di tangerang
Kalian juga sebaiknya selalu waspada dengan trotoar, di saat hujan kadang trotoar terendam oleh air dan tidak terlihat oleh mata kita. Ini dapat membahayakan bagi setiap pengendara motor.

5. Cari jalan yang paling kering

Ketika diguyur hujan, cobalah untuk yang kondisinya tidak basah atau kering. Ini dapat membuatmu lebih mudah untuk bermanuver.