Tak ingin gemuk sehabis makan yang manis-manis? Ini Tipsnya

Posted on

Menjaga Berat Badan Ideal – Apakah anda suka makan yang manis-manis? Pada umumnya orang akan suka mengkonsumsinya jika sedang stres, rasanya lidah ini ingin makan yang serba manis. Tak cukup rasanya jika makan sedikit, sekali makan yang manis terkadang kita akan terus makan yang manis meskipun perut sudah terasa kenyang.

Kadangkala kita juga akan merasa khawatir jadi gemuk atau berat badan bertambah naik sehabis makan yang manis-manis. Namun anda tak perlu cemas berlebihan. Ternyata ada trik yang dapat anda coba untuk tetap menjaga berat badan supaya tetap stabil meskipun sudah banyak makan yang manis-manis.

Sebuah sumber kesehatan menyebutkan, terdapat sebuah tips dan trik yang dapat Anda coba agar supaya tidak gemuk sehabis mengkonsumsi makanan manis berlebihan. Apa saja itu? Yuk simak bersama. 

Agar tak mudah gemuk habis makan manis

Bergeraklah!
Rasa kantuk umumnya akan langsung menyerang kita sehabis makan yang manis-manis atau kekenyangan. Namun jangan turuti godaan untuk tidur, Sobat. Seorang ahli gizi bernama Amanda Bontempo, RD, menyarankan agar menggerakkan tubuh kita secara aktif. “Bergeraklah. Cara ini akan dapat membantu otot-otot anda untuk memakai gula darah dan bukan menumpuknya,” kata Bontempo. 

Tak perlu langsung melakukan olahraga berat ataupun lama. Bisa juga langsung dengan cara yang cukup ringan dan sederhana. Contohnya dengan naik turun anak tangga atau dengan jalan kaki keliling rumah.

Dalam sebuah jurnal Diabetes Care, telah dikemukakan bahwa orang dewasa yang berjalan kaki selama 15 menit sehabis makan memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dibanding orang yang jalan kaki 45 menit di pagi hari menjelang siang ataupun sebelum makan malam. 

Minumlah Teh dengan Air Perasan Lemon

Teh hijau dan lemon sama-sama bersifat diuretik yang dapat mendorong produksi air seni. Dengan mengkonsumsi / minum teh hijau dan air perasan lemon, maka kita akan lebih sering buang air seni. Bontempo mengatakan, “Anda tak langsung membuang gula, namun akan memaksa darah Anda untuk memompa lebih cepat lewat ginjal.” Namun penting pula untuk memastikan kebutuhan air dalam tubuhmu terpenuhi dengan baik. Imbangilah dengan minum air putih dalam porsi cukup, ya sobat.

Sehabis makan yang manis-manis kadangkala kita jadi panik dahulu ataupun merasa kecewa dan bersalah pada diri sendiri. Kita jadi merasa takut gemuk. Takut berat badan jadi bertambah karena banyak mengkonsumsi gula. Namun yang lebih penting ialah untuk mengembalikan pola makan lebih sehat dan menjaga gaya hidup Anda sehari-hari. 

Dan yang tak kalah penting, lebih berhati-hatilah dengan godaan makanan manis ya sobat, Jika anda memang ingin menjaga berat badan ideal anda dan untuk menjaga kesehatan anda. Sekian dan semoga bermanfaat untuk anda semua. #SalamSehat