Cara Jitu Mengatur Keuangan Selama 2 Minggu Di Kampung Inggris

Posted on

Kampung Inggris bakalan jadi tempat tinggal kamu, sekaligus memulai semangat baru untuk belajar dan menata masa depan. Popularitas dan kredibilitasnya menjadikan kampung tersebut sebagai kampung pilihan banyak masyarakat, bahkan dari luar Jawa. Nah, kalau kamu punya rencana untuk menghabiskan waktu liburan di kampung tersebut agar liburan jadi lebih bermanfaat dan bahasa Inggris jadi lebih lancar, berikut beberapa kiat yang harus kamu lakukan untuk mengatur keuangan. Kiat-kiat ini sangat penting supaya kamu bisa tetap berhemat  selama dua minggu.

1. Perhatikan Biaya Kursus di Kampung Inggris

Biaya kursus di Kampung Inggris Pare tentu tidak sama, tergantung dari paket yang kamu ambil. Namun, sudah dipastikan bahwa seluruh lembaga privat di Kampung tersebut memiliki harga yang terjangkau. Ketika sudah memilih mana lembaga privat yang kamu inginkan, perhatikan dana yang kamu butuhkan untuk membayar kursus selama dua minggu.

2. Mengatur Biaya Kost di Kampung Inggris

Sesampai membuat perincian tentang biaya kursus untuk dua minggu, kamu juga harus menghitung berapa biaya kost yang kamu butuhkan. Berbicara tentang uang kost, tidak sedikit dari para pelajar di tempat tersebut merupakan pelajar di luar kota atau luar Jawa. Di kampung ini juga, kamu dapat memilih dua jenis kost yang tersedia yaitu kost English area dan kost biasa. Di kost biasa, Kamu bebas menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa lainnya selain Inggris. Akan tetapi, hal ini tentu berbeda ketika kamu memutuskan untuk menginap di kost English area. Jika kamu tidak ingin tanggung-tanggung untuk belajra Bahasa Inggris dan sangat membutuhkan keberadaan tutor di setiap waktu, maka seharusnya tidak menjadi masalah jika kamu lebih memilih menginap di kost English area. Ada tutor dan ada program belajar yang siap bikin waktu luang kamu jadi lebih bermanfaat.

Hal lain yang harus diketahui tentang kost di Kampung Inggris adalah bahwa biaya yang ditawarkan. Perhitungan biaya biasanya dihitung per kepala, jadi bukan per kamar. Tiap satu kamar diisi oleh dua orang. Misalnya, jika kamu memilih tinggal di kamar dengan penghuni empat orang, sedangkan rate yang ditawarkan adalah Rp. 200.000, maka itu artinya masing-masing dari kalian tetap membayar Rp. 200.000 sehingga total rate untuk kamar tersebut adalah Rp 800.000 karena dihuni empat orang.

3. Perhatikan Biaya Makan

Pare terletak di Jawa Timur, sehingga dapat dipastikan bahwa harga makanan disana sangat terjangkau. Kamu mungkin akan dapat menikmati sayur segar dan lauk yang lezat dari harga Rp. 10.000 atau kurang dari itu. Bahkan, ada juga cafe yang menyediakan aneka menu yang murah. Semuanya tentu tersedia dengan harga yang dapat kamu sesuaikan dengan budget.

Bagaimana cara menghitung bagian ini? Tentu semua tergantung dari bagaimana kamu mengatur pengeluaran untuk makan. Masing-masing orang memiliki cara berbeda dalam hal pola makan. Kamu mungkin golongan orang yang suka makan 3 kali sehari dengan menu sederhana, atau sebaliknya.

4. Atur Biaya Sewa Sepeda di Kampung Inggris

Biaya ini sangat penting karena sewa sepeda adalah mobilitas yang kamu butuhkan. Kamu harus berangkat dari kost ke tempat kursus, cari makan, ambil uang di ATM, kirim baju kotor ke tempat laundry, dan masih banyak lagi. Ketika memilih sepeda, jangan hanya fokus dengan berapa biaya yang kamu keluarkan per bulan, tapi perhatikan kondisi keamanan sepeda.

5. Biaya Lain-Lain Yang Harus Diatur

Beberapa biaya wajib yang paling kamu butuhkan adalah biaya untuk laundry baju, biaya pulsa untuk beli paket data, juga biaya jajan. Dari sekian banyak biaya, tinggal di Kampung Inggris Kediri ini adalah tentang bagaimana harus lebih berhemat untuk jajan. Terkadang, karena tergiur harga yang murah, maka jadi beli jajan terus. Walaupun kamu membeli jajanan murah, jangan meremehkan pemikiran seperti itu karena tetap akan menghabiskan uang.

Kampung Inggris