Maraknya Aqiqah Berpengaruh Terhadap Harga Kambing Jogja

Posted on

Kambing merupakan hewan ternak yang bisa dibilang paling dicari. Karena selain lebih murah (daripada pesaingnya: sapi), kambing mempunyai daging yang sedap dan lezat, bila diolah dengan cara yang baik dan benar. Nah, maka dari itu, daging kambing juga sering digunakan menjadi alternative daging sapi untuk acara hajatan-hajatan, karena daging sapi yang cenderung mahal.

Selain itu, kambing merupakan  hal yang sangat dicari orang, apalagi mendekati hari raya: Idul Adha. Tentu Bunda dan keluarga juga sering membuat sate kambing di kala Idul Adha, bukan? Wah, pasti enak dan menyenangkan ya,, (Hehe..) Tentu saja Bunda enak, tapi bagaimana jika kami katakana bahwa: daging kambing yang Bunda masak itu telah mengalami kelonjakan harga yang signifikan (bahkan bisa 100%) daripada harga kambing di hari-hari biasa? Hmmm, apa masih enak Bunda? (hehe, bercanda).

Nah daripada basa-basi gak jelas, mending kita cari tahu apa penyebab Harga Kambing Jogja yang cenderung terus naik yuk..

Melonjaknya Permintaan Tanpa Dibarengi Stok Kambing Memadai

Tidak dipungkiri, sekarang ini berkat kesadaran masyarakat terhadap ibadah Aqiqah, maka permintaan kambing (khususnya di Jogja) mengalami kelonjakan yang drastis. Secara singkat saja dapat dilihat: peningkatan permintaan ini tentu akan berpengaruh terhadap harga kambing jogja.

Nah sebenarnya, permintaan pasar yang baik bisa menunjang pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik. Ya singkatnya karena perputaran uang di tengah masyarakat yang deras, mengakibatkan kemakmuran dari masyarakat meningkat.

Tapi sayangnya adalah, bila permintaan tersebut tidak bisa terpenuhi. Maka akan terjadi ketimpangan, yang mengakibatkan harga kambing semakin melonjak. Contohnya beberapa tahun belakangan permintaan kambing tidak begitu besar, karena kesadaran atas aqiqah dari masyarakat belum begitu tinggi. Mengapa yang kami singgung adalah Aqiqah? Karena menurut kami, aqiqah itu tidak musiman (seperti Idul Adha), dan bisa sewaktu-waktu datang permintaan sehingga para supplier harus siap sedia.

Di sinilah masalahnya, banyak sekali supplier yang hanya sekedar menjual tanpa memiliki kandang sendiri, sehingga kerap tidak bisa memenuhi permintaan dari konsumen yang mendadak dan setiap saat. Sebab itu, para konsumen berani menaikkan harga belinya, asalkan mendapatkan kambing dengan bagus. Dan lama-kelamaan tidak mengherankan jika harga kambing turut naik. Begitulah.

Solusi Aqiqah di Tengah Melonjaknya Harga Kambing Jogja

Maka kami sangat menyarankan kepada Bunda, jika ingin mengadakan syukuran Aqiqah dan menggunakan jasa penyedia pelayanan Aqiqah, sebaiknya pilihlah penyedia jasa layanan Aqiqah yang mempunyai kandang / peternakan sendiri. Karena selain mereka akan mampu mencukupi permintaan hewan kambing, harga yang ditawarkan pun loginya akan tetap stabil, sebab kambing-kambing berasal langsung dari peternakan sendiri.

Kami menemukan Aqiqah Al-Kautsar adalah perusahaan yang demikian. Mereka selain telah berpengalaman mengolah dan melayani jasa Aqiqah, juga memiliki kandang sendiri di Bantul dan Sleman. Wah, sebuah rekomendasi pilihan dari kami untuk Bunda sekalian yang sedang ingin mencari jasa Aqiqah di jogja ya..

Jika Bunda ingin informasi lebih lanjut, silakan hubungi CS mereka, atau langsung datang ke kantornya yang sudah tersebar di beberapa kota seperti Jogja, Bantul, Klaten, Solo dan Magelang.

Saya pribadi sudah membuktikan, dan selanjutnya giliran Bunda ya..