tips membaca puisi

Tips Membaca Puisi yang Baik dan Benar

Posted on

Tips Membaca Puisi – Mungkin ada banyak yang masih kebingungan ketika harus membaca puisi di depan kelas. Membaca puisi memang perlu artikulasi serta nada yang berbeda. Perlu penghayatan serta penjiwaan untuk membawa audiens larut dalam isi puisi. Belajar membaca puisi tidaklah sulit ketika kalian mengetahui tipsnya. Untuk bahan latihan silahkan cari kumpulan puisi guru untuk mempraktekkan. Untuk kalian yang masih belajar, berikut tips membaca puisi dengan baik,

Tips Membaca Puisi Dengan Baik

tips membaca puisi

1. Memahami Isi Puisi

Tips membaca puisi yang pertama adalah kalian harus memahami isi puisi yang akan dibacakan. Dengan memahami isi puisi tersebut, maka kalian bisa lebih menjiwai ketika membacanya. Setelah anda bisa menjiwai pembacaan puisi tersebut, maka kalian bisa membawa audiens untuk larut dalam isi puisi. Buat para audiens paham dengan suasana isi puisi yang tengah kalian baca.

2. Sesuaikan Dengan Gimik Wajah

Setelah kalian bisa mengerti semua isi puisi yang akan dibawakan, maka kalian bisa dengan mudah menentukan ekspresi ketika membacanya. Ekspresi wajah serta gerakan tangan tentu dibutuhkan pada saat membaca puisi. Hal ini akan membuat pembacaan puisi menjadi lebih hidup dan dramatis. Lakukan gimik yang sederhana, hindari gimik wajah dan gerakan yang berlebihan.

3. Artikulasi Yang Baik

Bagian terpenting dalam membaca puisi adalah artikulasi atau pengejaan yang baik. Hal ini diperlukan agar audiens lebih memahami setiap kalimat dalam puisi. Pembacaan dengan artikulasi yang kurang baik tentu sangat mengganggu bagi audiens. Selain itu, pembacaan puisi haruslah dengan suara yang keras agar lebih mudah didengar.

4. Melatih Irama Dan Pernafasan

Membaca puisi tentu tak terhindar dari pengambilan nada atau irama yang tepat. Untuk menentukan nada serta irama yang tepat di setiap baris puisi, tentu kalian perlu memahami puisi tersebut. Lantangkan dan tinggikan suara apabila isi puisi menunjukan kemarahan, patriotik dan perjuangan. Pelankan dan sayukan suara kalian apabila membaca baris puisi yang menunjukan kesedihan, keindahan dan kedukaan.

Demikian beberapa tips membaca puisi yang bisa kalian terapkan. Membaca puisi memang susah-susah gampang, tapi dengan melatihnya kalian bisa menguasainya. Puisi adalah jenis karya sastra Indonesia yang berharga. Jadi wajib bagi kita generasi muda untuk tetap melestarikannya. Dengan puisi diharapkan kita bisa mengetahui bahasa lebih mendalam.