Menengok Arsitektur Rumah Klasik Di Bali

Posted on

 rumah klasik

Tidak hanya berperan menjadi simbol budaya serta rumah tinggal, nyatanya rumah Gapura Candi Bentar ini pun memiliki kandungan beberapa nilai filosofis yang memvisualisasikan kearifan lokal budaya penduduk Bali.

Dalam pembangunan contohnya, rumah klasik kebiasaan ini dibikin lewat rangkaian proses yang cukup panjang, yakni dari mulai proses pengukuran tanah, ritual persembahan kurban serta meminta izin pada leluhur untuk membangun rumah, ritual penempatan batu pertama, proses pembuatan dan ditutup dengan upacara syukuran sesudah rumah itu tuntas dibuat.

Semua ritual itu dikerjakan dengan keinginan supaya rumah yang dibangun itu bisa memberi manfaat buat pemilik rumah. Diluar itu ada pula beberapa ketentuan lainnya yang ada pada tata letak serta pembagian ruang pada rumah itu. Contohnya, di pojok utara serta timur rumah dipakai menjadi tempat yang disucikan, sedang di bagian pojok barat serta selatan dipercaya mempunyai tingkat kesucian yang rendah.

Dengan begitu, tiap-tiap masuk pada rumah kebiasaan itu kita akan temukan tempat untuk bersembahyang di bagian pojok utara serta timur. Sedang pada pojok rumah samping barat serta selatan, kita akan temukan beberapa tempat misalnya: kamar mandi, penjemuran dan sebagainya.

Kontraktor Rumah Klasik

Tidak hanya bangunan Gapura Candi Bentar, nyatanya di Bali ada pula rumah kebiasaan berbentuk satu bangunan yang mempunyai bentuk sisi empat, di mana di dalamnya ada banyak jenis bangunan yang mempunyai manfaat semasing. Semua bangunan itu dikelilingi oleh tembok besar menjadi pemisah pada lingkungan dalam dengan lingkungan luar.

Tidak hanya di negara China yang populer dengan tata cara peletakan tempat, nyatanya di bali ikut mengaplikasikan ketentuan yang semacam itu. Dalam ketentuan itu mesti sesuai dengan syarat serta ketentuan yang ada di kitab suci Weda. Ketentuan itu dimaksud dengan Asta Kosala Kosali.

Arsitek atau perancang dari rumah kebiasaan Bali umumnya dimaksud dengan Udagi. Dalam proses pembuatan rumah itu, Udagi tentunya berdasar pada Asta Kosala Kosali, hingga terbangunlah beberapa bangunan di rumah kebiasaan Bali

Namun jangan bingung soal pembangunan rumah klasik yang mirip dengam di bali. Kini anda dapat menghubungi kontak di  https://kencanaklasik.com/ sebagai jasa kontraktor rumah klasik terbaik demi mendapatkan hunian yang nyaman dan aman tentunya.