Arung Jeram Seru di Magelang Jawa Tengah

Posted on

Tidak hanya populer dengan Wisata candi, Magelang juga populer dengan wisata arung jeram. Siapa-siapa saja anda, mampu jadikan kesibukan arung jeram Magelang itu sebagai pilihan wisata yang aman serta mengasyikkan. Semestinya dengan berbekal kabar yang cukup serta penentuan trip yang sesuai dengan kapabilitas. Ada dua sungai yang dapat jadi alternatif pilihan dalam wisata Arung Jeram Magelang itu. Sungai Progo serta sungai Elo, semasing sungai dengan rutenya miliki ciri-ciri tingkat tantangan yang tidak sama. IMG_3346 up 3 ok

Terdapat banyak tingkatan susah tantangan yang dapat jadi pilihan trip buat wisatawan arung jeram Magelang, tingkat pemula atau kelas WISATA, medium, serta tingkat expert atau kelas petualang. Tingkat pemula mampu di nikmati wisatawan yg tidak mampu berenang sekalipun, tdk miliki pengalaman arung jeram diawal mulanya atau anak-anak umur 8 th. ke atas. Tingkat expert diperlukan skill teristimewa baik kapabilitas berenang atau self rescue serta udah miliki pengalaman berarung jeram diawal mulanya.

Berapa Jalur lintasan Arung Jeram Magelang yang bisa jadikan obyek wisata air :

A. Arung Jeram Magelang Kali Progo

Ada 3 rute Trip arung jeram di sungai Progo yang umum di arungi. selanjutnya urut berdasarkan tingkat susah tantangannya ;

Progo Atas (Pemula/kelas wisata) Trip itu miliki sarana paling komplit, dikarenakan strating point di awali di bantaran kali progo yang terdapat di halaman belakang Hotel Puri asri (Basecamp progo rafting) berbatasan segera dengan sungai Progo. Alokasi saat serta mobilisasi peserta arung jerampun lebih enteng serta simpel dari pada trip yang lain. Udah beberapa ratus ribu wisatawan menyusuri sungai Progo selama 9 km dengan durasi saat tempuh 2 jam itu. Jalur itu miliki tingkat susah yang aman utk pemula serta diantara favorite buat pencinta olah-raga arung jeram Magelang. arung-jeram-magelang-progo-atas

Progo Hulu (Medium) menggunakan saat kurang-lebih 5 jam. Start dari Kandangan, Temanggung – Finish jembatan Payaman Magelang. Trip itu cuma mampu di kerjakan pada musim hujan. Peserta yg tidak mampu berenang lantas mampu lewat jalur itu dengan umur di atas 15 th.. Panorama dataran tinggi serta khas udara sejuknya merupakan nikmat sendiri tidak hanya sensasi petualangannya. Susunan bebatuan dengan gradient topografinya membuat jejeran jeram alami yang mengasyikkan tetapi masih aman. Melalui dua DAM dengan ketinggian 3 serta 5 mtr. merupakan ciri khas trip Progo Hulu itu. arung-jeram-magelang-progo-hulu

Progo Bawah (Expert) Jalur Progo bawah itu utk kelompok profesional atau udah memiliki pengalaman. Kalau anda pernah mendengar kabar mengenai arung jeram di sungai progo beresiko, semestinya jalur lintasan Sungai Progo Bawah itu yang ditujukan. Start dari jembatan Klangon kabupaten Magelang serta finish di jembatan Dekso, Kulon Progo meniti jarak 16 KM. Debet air pada rute itu cukup besar, dikarenakan alur sungai Progo udah tergabung dengan berapa sungai cukup besar lain. Salah satunya, sungai Elo, sungai Pabelan, sungai kali Putih serta sungai Blongkeng. tingkat jeram yang extreme memerlukan persiapan kapabilitas rescue yang tinggi, amat tdk dianjurkan utk pemula meskipun dapat berenang sekalipun.

B. Arung Jeram Magelang Kali Elo (Pemula)

Sungai Elo nyaris mampu di kunjungi tiap-tiap musim. Trip itu cukup pas utk pemula, panjang pengarungan sejauh 10 – 11 km dengan saat tempuh 2 – 2, 5 jam. Panorama sungai yang indah serta jeram-jeram yang mengasyikkan yang dapat menggoncang goncang perahu jadi daya tarik sendiri buat wisatawan utk mengikis letih dari kebisingan kota. arung-jeram-magelang-sungai-Elo

Utk memahami lebih detil tingkat susah dalam arung jeram silakan buka link itu International Scale of River Difficulty.

Arung jeram Magelang mulai sejak th. 1997 udah dikunjungi oleh beberapa ribu bahkan juga beberapa ratus ribu wisatawan, sebab itu banyak bermunculan operator-operator arung jeram yang ikut memeriahkan industri wisata itu. Sayang sekali banyak juga yang turunkan standard service buat menggapai harga terjangkau. Yang akibatnya karena hal semacam tersebut mampu sebabkan menurunnya kenyamanan atau bahkan juga keamanan buat peserta arung jeram.

Dalam menentukan operator arung jeram magelang, wisatawan mestinya laksanakan cek-ricek dulu. Banyak hal yang butuh di yakinkan yakni :

Yakinkan anda didampingi oleh Provider/Operator arung jeram yang berbadan hukum atau resmi serta profesional. Baik juga memperhitungkan Track record/pengalaman provider. Makin berusia semestinya lebih memiliki pengalaman & mengetahui medan.

Yakinkan Provider/operator pilihan anda menterapkan standard operasional prosedure yang benar serta seusuai ketentuan internasional.
Peralatan yang baik (tdk rapuh/rusak)
Pemandu yang profesional
Ada tim rescue
Asuransi
Harga serta sarana.

Jangan sempat terkecoh dengan harga terjangkau namun tidak pedulikan keamanan. Serta tetapkan trip arung jeram yang sesuai sama kapabilitas anda.

Referensi paling baik utk arung jeram Magelang merupakan pada jalur lintasan Progo Atas (dimusim Hujan) serta Trip Kali Elo (selama musim).

Baca juga tempat arung jeram Bogor. Klik disini www.arungjeramrafting.com