Agar Bisa Memilih Oli Yang Tepat Untuk Motor Matik, Inilah 3 Cara Memilihnya

Posted on

Tidak seperti kendaraan listrik, sepeda motor dan mobil yang beredar saat ini membutuhkan oli untuk melumasi mesin internal.
Tentunya fungsi oli sebagai pelumas bagi mesin untuk menghindari friksi dan pelecehan bebas. Minyak itu sendiri memiliki bahan-bahan yang diperlukan untuk mencegah tabrakan antar logam pada mesin.
Ini juga harus digunakan pada sepeda motor. Baik manual maupun otomatis. Namun, kali ini kami akan memeriksa matriks pelumas khusus. Sebab, motor matik adalah favorit di Indonesia, baik muda maupun tua, atau wanita dan pria.
Perlu diingat, jika Anda ingin membeli minyak, Anda harus tahu minyak mana yang cocok untuk sepeda motor Anda. Pasalnya, banyak produsen memiliki minyak mereka sendiri. Namun, after-market oil juga merupakan pilihan yang bagus, dengan banyak keuntungan.
Memilih oli mesin berkualitas tinggi untuk mobil ini sangat penting karena dapat mempertahankan performa sepeda motor. Untuk menjaga kualitas mesin, Anda perlu mengganti oli mesin secara teratur.
Oleh karena itu, kali ini situs resmi Wahana Honda memberikan beberapa tips untuk memilih sepeda motor yang baik dan sesuai dengan kebutuhannya, yaitu:

Baca juga : IELTS Speaking, TOEFL Ibt Speaking dan TOEFL Ibt Reading

1. Sesuaikan dengan Rutin
Menyesuaikan kebutuhan sepeda motor dengan motor ini perlu dilakukan. Jika Anda sering melewati lalu lintas yang padat dan sering berhenti, dibutuhkan minyak yang memiliki aditif.
Motor yang sering ini akan menjadikannya mesin panas, dan aditif ini mengurangi panas mesin sepeda motor.

2. Pilih Viskositas
Minyak yang diperlukan untuk sepeda motor berbeda dari sepeda motor lainnya. Sepeda motor otomatis membutuhkan oli dengan viskositas yang tepat.
Kami menyarankan Anda mencari oli mesin dengan viskositas API SL (Standart American Petroleum Institute) L yang sangat sesuai dengan persyaratan motor otomatis.

3. Pilih Kualitas
Jumlah produsen minyak saat ini, membutuhkan lebih hati-hati memilih minyak. Tapi mohon diperhatikan, pilih minyak dengan sertifikat API dan JASO. Keberadaan sertifikat API ini berarti bahwa minyak telah diuji oleh American Petroleum Institute dan secara luas digunakan di negara-negara Eropa.
Sementara JASO berarti minyak telah diperiksa kualitasnya oleh Japanese Automotive Standards Association dan minyak ini juga banyak digunakan di Jepang.