Berlajar Berkebun Kurma dari Thailand

Posted on

kampung kurma indonesia, kampung kurma, kampoeng kurma, kavling kurma

Pernahkah Anda mendengar kata Nakhon Ratchasima?

Yup, itu adalah nama dari salah satu provinsi di Thailand. Negeri gajah putih itu selain unggul dibidang pariwisatanya juga unggul dibidang tanam menanam kurma. Sudah sejak 18 tahun yang lalu mereka memulai berkebun kurma terlebih dahulu.

Fakta ini merupakan kebanggan bagi Asia Tenggara karena sudah ada yang membudidayakan pohon kurma. Tapi sekaligus miris, sebab rupanya orang non muslim lebih dahulu menanam buah yang namanya disebut-sebut dalam Alquran. Meskipun tujuan mereka menanam pohon kurma murni bisnis.

Bisnis Kurma Memang Menggiurkan

Bisnis kurma memang sangat menjanjikan. Bayangkan saja, pohon kurma yang baru berusia 5 tahun bisa menghasilkan 100 kg hingga 150 kg buah kurma per tahun. Bagaimana jika pohon kurmanya ada ratusan. Belum lagi usia produktifnya yang memang panjang, bahkan hingga 2 generasi alias 120 tahun lebih.

Pratin Apichatsanee, pemilik kebun kurma Thailand mengatakan bahwa di tempatnya biaya perawatan untuk satu pohon kurma itu sangat murah. Jika di kurs kan biaya untuk satu pohon kurma di sana hanya sebesar 80 ribu pertahun. Tapi untungnya bisa 20 juta per tahun.

Bagaimana tidak menggiurkan?

Dengan alasan itu, salah satu yang membuat PT Kampoeng Kurma mengambil peluang tersebut dengan membentuk Kampung Kurma. Alhasil 180 bibit pohon kurma hasil kultur jaringan telah ditanam di Bogor, Indonesia. Pilot project-nya terlaksana pertama kali di Kampung Kurma Jonggol.

Peluang Hidup Pohon Kurma di Indonesia

Lalu bagaimana peluang hidup dan berbuahnya pohon kurma di Indonesia?

Thailand yang keadaan geografisnya mirip Indonesia saja bisa hidup. Bahkan berbuah manis dan lebat. Apalagi di Indonesia yang katanya lebih subur dibandingkan negara lain. Terbukti pada tahun 2013 lalu Nangroe Aceh Darussalam menanam 1200 bibit pohon kurma. Diantara jenis kurma yang ditanam adalah barhee, lulu, tunisia dan lain sebagainya.

Ir Ismail Maskromo MS, seorang peneliti di Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain dari Manado mengatakan bahwa jika Thailand bisa berkebun kurma secara masal, Indonesia pun seharusnya bisa melakukan yang demikian.

Terbukti, Kampung Kurma sudah dimiliki oleh ribuan orang. Saat ini sudah ada beberapa wilayah di Bogor yang ditanami pohon kurma. Masing-masing wilayah terdapat ratusan hingga ribuan kavling. Insya Allah dalam beberapa tahun ke depan kita bisa panen secara masal karena sekarang sudah mulai banyak berbuah.