alat musik tradisional betawi
gambar alat musik tradisional betawi

Macam Alat Musik Tradisional Betawi

Posted on

Betawi adalah suku bangsa asli Indonesia yang ada di Propinsi DKI Jakarta, Ibukota negara Republik indonesia. Suku Betawi mempunyai keragaman seni serta budaya yang tetap masih terbangun sampai sekarang ini. Salah nya ialah alat musik tradisionil Betawi yang beragam macam serta masih tetap dapat didapati dalam sebagian acara daerah.

Tidak tutup peluang masa datang musik atau kesenian daerah Betawi itu nanti akan punah. Karenanya jadi generasi baru alangkah sebaiknya bila kita mengetahui serta melestarikannya. Hingga budaya itu masih tetap dapat diliat oleh anak cucu di masa mendatang. Di bawah ini alat musik tradisionil Betawi yang banyak di kenal orang-orang betawi.

alat musik tradisional betawi
gambar alat musik tradisional betawi

Alat Musik Tradisional Betawi

Keroncong Tugu

Keroncong tugu konon datang dari Eropa Selatan. Mulai sejak era ke-18 musik ini berkembang di kelompok orang-orang Tugu, yakni sekumpulan orang-orang keturunan kelompok yang dimaksud Mardijkers, sisa anggota tentara Portugis yang dibebaskan dari tawanan Belanda.

Sesudah berpindah dari Katolik jadi Protestan, mereka diletakkan di Kampung Tugu, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Gambang Kromong

Gambang kromong di ambil dari nama dua buah alat perkusi, yakni gambang serta kromong. Kromong umumnya di buat dari perunggu atau besi berupa gong yang memiliki ukuran kecil yang langkah memainkannya sama dengan gong, lewat cara dipukul. Kromong umumnya sejumlah 10 buah.

Orkes gambang kromong adalah kombinasi yang cocok pada unsur-unsur pribumi dengan unsur Tionghoa. Unsur Tionghoa terlihat pada alat-alat musik gesek, yakni tehyan, kongahyan, serta sukong. Demikian sebaliknya, alat musik yang lain yakni gambang, kromong, kendang kemor, kecrek, serta gong adalah unsur pribumi.

Tanjidor

Kesenian ini adalah dampak bangsa di Eropa Selatan. Tanjidor seringkali digolongkan jadi musik jazz Betawi karna dimainkan oleh sepuluh bahkan juga hingga belasan orang dengan beragam alat musik. Kata tanjidor datang dari kata ” tanger” yang bermakna memainkan alat musik pada pawai militer atau upacara keagamaan. Perlengkapan yang dibawa oleh beberapa pemain berbentuk terompet prancis, clarinet, serta tambur turki, dan terompet besar.

Orkes Gambus

Orkes gambus adalah budaya Betawi yang di pengaruhi budaya Timur Tengah. Orkes ini umumnya dipertunjukkan pada acara pesta perkawinan untuk menemani beberapa penyanyi gambus baik lelaki ataupun wanita. Mereka umumnya membawakan lagu-lagu gambus dengan lirik religius ataupun lagu-lagu cinta berbahasa Arab. Pada bebrapa peluang spesifik, orkes gambus dipakai untuk menemani Tari Zapin, yakni tari pergaulan yang lazimnya dikerjakan oleh golongan pria saja.

Orkes Rebana

Rebana ketimpring yang dipakai untuk menyemarakkan arak-arakan dimaksud rebana ngarak. Untuk menemani perayaan-perayaan keluarga dimaksud rebana maulid. Rebana dor dipakai untuk menemani lagu-lagu. Alat musik tradisional Betawi yang satu ini selain memainkan lagu tarian, juga dapat memainkan lagu-lagu seperti dzikir, biasanya digunakan bersama tari Blenggo.
Umumnya tari Blenggo dikerjakan oleh anggota group rebana biang sendiri dengan bertukaran.

Orkes Samrah

Orkes Samrah yaitu kesenian Betawi berbentuk orkes yang memperoleh dampak dari Melayu. Lagu-lagu yang umum dibawakan yaitu lagu-lagu jaman dahulu, seperti lagu ”Burung Putih”, ”Pulo Angsa Dua”, ” Sirih Kuning “, juga lagu ”Cik Minah “. Tarian yang umum disertai orkes ini dimaksud tari Samrah. Beberapa penari Samrah umumnya menari berpasang-pasangan, dengan pergerakan tari bermacam-
jenis. Satu diantara pergerakannya di pengaruhi oleh pergerakan silat.

Gamelan Topeng

Gamelan itu dipakai untuk menemani pergelaran teater rakyat yang saat ini di kenal dengan sebutan topeng Betawi. Topeng betawi popular karna dapat mengemukakan kritik sosial. Tarian yang umum dipertunjukkan pada topeng Betawi yaitu tari Lipetgandes, satu tari yang dijalin dengan nyanyian, banyolan, serta terkadang dengan sindiran-sindiran tajam menggigit. Demikian artikel ini dikutip dari alatmusik.org